x

Malaysia Open Dijadwal Ulang, BAM Sampaikan Terima Kasih pada BWF

Sabtu, 20 Februari 2021 14:07 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
Logo Badminton Association of Malaysia (BAM).

FOOTBALL265.COM – Turnamen Malaysia Open 2021, sebagai salah satu kualifikasi Olimpiade Tokyo 2021, dijadwal ulang oleh Federasi Bulutangkis Dunia (BWF). BAM pun mengaku senang dengan keputusan tersebuut.

Feerasi Bulutangkis Dunia melalui pernyataan yang dirilis kemarin, Jumat (19/02/21) kemarin menyatakan bahwa Malaysia Open akan berlangsung dari 25-30 Mei, mundur dua bulan dari jadwal semua pada 31 Maret – 4 April.

Baca Juga
Baca Juga

Selain itu, Singapore Open juga dijadwalkan ulang pada 1-6 Juni, yang mana turnamen ini akan menjadi kualifikasi Olimpiade terakhir. Sementara itu, Malaysian Masters yang dijadwalkan 1-6 April juga telah ditunda hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Setelah diberitahu mengenai jadwal baru Malaysian Open tersebut, pihak BAM (Asosiasi Bulutangkis Malaysia) melalui sekretarisnya Datuk Kenny Goh, menghela nafas lega karena itu artinya mereka punya waktu lebih panjang untuk mempersiapkan diri sebagai tuan rumah.

“Ini memberi kami lebih banyak waktu untuk mempersiapkan tetapi (biayanya) masih akan lebih mahal karena persyaratan prosedur operasi standar,” kata Kenny dilansir dari The Star Malaysia.

“Kami akan mencoba bekerja sesuai anggaran, ada beberapa bantuan dari BWF juga,” lanjutnya.

Sebelumnya, pihak BAM juga sudah mengajukan keringanan biaya operasional dan hadiah turnamen untuk menggelar Malaysian Open 2021. Proposal itu pun disetujui oleh BWF dan mereka mengalokasikan dana 100 ribu dolar untuk gelaran turnamen tersebut.

Baca Juga
Baca Juga

“BWF juga mengizinkan kami menurunkan hadiah yang dan biaya sanksi. (Kami menerima) subsidi dari BWF untuk sanitasi dan untuk pelaksanaan tes COVID-19,” tambah Kenny.

“Kami akan mecoba meminta lebih banyak (uang) dari mereka.”

Malaysian Open sendiri hanya akan menyajikan hadiah uang yang lebih rendah dari tahun sebelumnya (750 ribu dolar), yakni menjadi 600 ribu dolar.


1. Perubahan Jadwal Tur BWF

Logo kejuaraan dunia BWF 2019

Akibat perubahan ini, maka beberapa turnamen berikutnya pun terpaksa terkena dampak. Dalam rilis BWF disebutkan bahwa, ajang Indonesia Open 2021 Super 1000 dan Indonesia Masters 2021 Super 500 resmi ditunda.

Awalnya, kedua turnamen tersebut akan digelar secara beruntun dalam dua pekan di Jakarta. Indonesia Masters direncanakan pada 1-6 Juni 2021 dan Indonesia Open 2021 pada 8-13 Juni 2021. Namun karena tanggal tersebut bersinggungan dengan Malaysia dan Singapura Open, maka BWF terpaksa menunda.

Dengan perubahan terbaru dalam kalender BWF Tour 2021, badan bulutangkis tertinggi di dunia itu juga telah memperpanjang tanggal penutupan periode kualifikasi Olimpiade Tokyo menjadi 15 Juni, bukan akhir April. Periode kualifikasi Olimpiade dimulai dengan Swiss Open 2-7 Maret.

BWFBulutangkisAsosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM)Berita BulutangkisMalaysia Open 2021

Berita Terkini