x

Loh Kean Yew Ditarget Raih Emas SEA Games, PBSI-nya Singapura Cari ‘Bantuan’ ke Indonesia

Sabtu, 16 April 2022 16:15 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Tunggal putra Singapura, Loh Kean Yew, diharapkan meraih medali emas di SEA Games bulan depan. SBA berencana datangkan bala bantuan dari Indonesia.

FOOTBALL265.COM – Tunggal putra Singapura, Loh Kean Yew, diharapkan meraih medali emas di SEA Games bulan depan. Demi mewujudkannya, asosiasi di negara itu berencana datangkan bala bantuan dari Indonesia.

Gelaran olahraga multievent se-Asia Tenggara, SEA Games, akan kembali digelar di Hanoi, Vietnam pada 12-23 Mei 2022 mendatang.

Baca Juga

Terakhir kali Singapura memenangkan medali emas dari tunggal putra cabor bulutangkis di ajang ini adalah pada tahun 1983, ketika Wong Shoong Keat mencapai prestasi tersebut.

Kemudian pada SEA Games 2019 di Filipina, Loh Kean Yew menjadi pebulutangkis Singapura pertama yang mencapai final tunggal putra sejak 2007, namun dirinya kalah dari Lee Zii Jia dari Malaysia.

Baca Juga

Loh Kean Yew yang menjadi juara dunia tahun lalu tentunya ditargetkan untuk mencapai lebih baik, yakni memenangkan emas pada edisi tahun ini.

Dilansir dari Straits Times, Asosiasi Bulutangkis Singapura (SBA) juga tak main-main dalam menentukan target ini. Program-program latihan diberikan untuk membantu Loh Kean Yew mencapai performa terbaik.

Salah satu program khusus yang dilakukan yakni mendatangkan sparring partner dari negara-negara yang kuat bulutangkisnya, seperti Indonesia.

Baca Juga

Tentunya, program-program latihan jelang SEA Games bisa jadi proses pembelajaran untuk Loh. Dia juga bisa belajar menghadapi tekanan yang datang seiring statusnya sebagai juara dunia.


1. Loh Kean Yew Targetkan Emas SEA Games 2021

Loh kean Yew juara dunia tunggal putra Kejuaraan Dunia Bulutangkis

Loh sendiri tak menampik keinginannya untuk mempersembahkan emas pertama untuk negaranya di SEA Games ini. Pencapaian ini akan sangat berarti untuk negara dan juga kariernya.

“Saya pasti mengincar emas karena saya belum pernah mendapatkan emas sebelumnya jadi itu pasti targetnya,” ujar Loh Kean Yew.

Baca Juga

“Sudah lama sejak Singapura mendapat emas di SEA Games (di tunggal putra) jadi itu akan sangat berarti bagi saya dan bagi Singapura,” tandas eks sparring partner Viktor Axelsen selama di Dubai ini.

Secara keseluruhan, Singapura menargetkan para pebulu tangkis nasional mampu meraih medali di nomor beregu putra dan putri.

Baca Juga

Pada Olimpiade 2019 di Filipina, baik beregu putra maupun putri merebut medali perunggu.

Sebelum di SEA Games 2022, Loh Kean Yew dan rekan-rekan senegaranya akan bertandng di berbagai kompetisi seperti Badminton Asia Championships (26 April-1 Mei) dan Piala Thomas dan Uber (8-15 Mei) di Bangkok, Thailand.

Baca Juga

Pada ajang Piala Thomas, Singapura dikelompokkan bersama juara bertahan dan pencetak rekor 14 kali  Indonesia, serta ada Korea Selatan dan tuan rumah Thailand.


2. Loh Kean Yew Absen di Korea Open 2022

Loh kean Yew juara dunia tunggal putra Kejuaraan Dunia Bulutangkis

Loh Kean Yew beberapa waktu lalu menunjukkan tengah berada di Singapura. Dirinya masih menjalani pemulihan fisik dan juga latihan di lapangan.

Meski demikian, Loh Kean Yew akan melewatkan dua turnamen yang berlangsung di Negeri Gingseng bulan ini. Selain Korea Open, dia juga akan absen di Korea Masters pada 12-17 April kemarin.

“Merasa lebih baik berlatih di rumah sendiri. Latihan dulu! Saya akan melewatkan Korea Open dan Korea Masters,” demikian tulis Loh Kean Yew.

Anggota ‘Padepokan Dubai ’ milik Viktor Axelsen tersebut kemudian menginformasikan dirinya akan kembali ke lapangan di ajang Badminton Asia Championship pada Mei mendatang.

“Jumpa lagi di Badminton Asia Championshio, Okeh.” tutup Loh Kean Yew.

Baca Selengkapnya: Susul Lee Zii Jia, Andalan Singapura Loh Kean Yew Juga Absen di Korea Open

SEA GamesSingapuraBulutangkisBerita BulutangkisAsosiasi Bulutangkis Singapura (SBA)SEA Games 2021Loh Kean Yew

Berita Terkini