x

Diperkuat Putri KW hingga The Babies, Indonesia Dipatok Juara Umum di SEA Games

Rabu, 20 April 2022 17:46 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
Diperkuat Putri Kusuma Wardani hingga Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, tim bulutangkis Indonesia ditargetkan menjadi juara umum SEA Games 2021.

FOOTBALL265.COM – Diperkuat Putri Kusuma Wardani hingga Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, tim bulutangkis Indonesia ditargetkan menjadi juara umum SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam.

Gelaran pesta olahraga Asia Tenggara dua tahunnan bulan depan hampir berbarengan dengan Piala Thomas dan Uber 2022 (8-15 Mei) di Bangkok, Thailand.

Baca Juga

Tentunya ini menjadi tantangan berat bagi PP PBSI di dalam mempersiapkan skuat terbaiknya untuk melakoni tiga kompetisi internasional tersebut.

Pada akhirnya, PBSI pun memutuskan mengirim sebagian atlet muda mereka ke SEA Games. Ganda putra rising star Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin hingga juara Orleans Masters 2022 Putri Kusuma Wardani dikirim untuk ajang tersebut.

Meski demikian, timnas Indonesia diyakini mampu meraih hasil terbaik pada tiga event tersebut, termasuk di SEA Games. Pasalnya, ketiga turnamen ini juga jadi bagian dari persiapan Olimpiade Paris 2024 mendatang.

Baca Juga

“Stok pemain banyak, dan Indonesia juga terus menghasilkan atlet-atlet muda, sehingga rasanya tidak sulit buat PBSI untuk mengeluarkan atlet-atlet terbaiknya," ujar anggota Komite Eksekutif sekaligus Deputi I CdM Indonesia, Arlan Perkasa Lukman, dikutip INDOSPORT dari Antara, Rabu (20/04/22)

"Tanpa mempertimbangkan mana yang diambil mana yang dilepas, dua-duanya akan diambil, Thomas Uber akan kita rebut, juara umum di SEA Games pun akan kita rebut,” tambahnya

Ketiga ajang ini sejatinya juga menjadi bagian dari program regenerasi PBSI. Khususnya pada sektor ganda putri, pemenang emas Olimpiade Tokyo Apriyani Rahayu mendapatkan pasangan baru, Siti Fadia Ramadhanti.

Baca Juga

Sementara pada sektor ganda putra, atlet-atlet muda akan dikombinasikan dengan para pemain yang sudah berpengalaman. Sehingga, menurutnya, bakal menghasilkan kejutan.


1. PBSI Kirim Skuat Muda Terbaik di SEA Games 2021

Pasangan ganda putra, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin akan wakil Indonesia di SEA Games 2021

Secara khusus, PBSI sebelumnya sudah menyatakan bahwa tim Merah Putih akan membidik tiga emas di ajang SEA Games 2021 bulan depan.

Termasuk Putri KW, Apriyani, dan The Babies, sebanyak 10 atlet putra dan 10 atlet putri telah terpilih untuk mewakili Indonesia di ajang yang akan dihelat pada 12-23 Mei 2022 ini.

Baca Juga

Nama-nama alumni Badminton Asia Team Championship 2022 mendominasi skuat Indonesia untuk SEA Games 2022 nanti.

Ada Chico Aura Dwi Wardoyo, Christian Adinata, Yonathan Ramlie, Pramudya Kusumawardana, Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, Leo Rolly Carnando. Kemudian, ada Gregoria Mariska Tunjung, Stephanie Widjaja, dan Saifi R Nurhidayah.

Baca Juga

Kabid Bina Prestasi PBSI, Rionny Mainaky, mengatakan inilah skuat terbaik yang dipilih mewakili Merah Putih ke SEA Games 2021.

“Tim putra terlepas dari tim inti yang akan ke Piala Thomas, tim SEA Games ini juga adalah tim terbaik yang kita punya. Mereka kebanyakan adalah alumni BATC kemarin,” papar Kabid Bina Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky.

Baca Juga

“Untuk tim putri, kita turunkan full team, kekuatan terbaik (untuk SEA Games 2022)," sambung Rionny.


2. Piala Thomas-Uber dan SEA Games Hampir Bersamaan, Ini Solusi PBSI

Logo PBSI.

Cabang bulutangkis sendiri akan mulai dipertandingkan pada 16-18 Mei untuk nomor beregu, dan 19-22 Mei perorangan.

Namun, cabor ini memang cukup dilematis, karena selain SEA Games 2022 pada 12-23 Mei, juga ada Thomas & Uber Cup di tanggal 17-22 Mei mendatang.

Jika melihat stok pemain putra Indonesia memang melimpah, sehingga pembagian pemain pun bisa merata. Namun ada kekhawatiran untuk tim putri di Piala Uber nantinya.

Kabid Binpres PP PBSI Rionny Mainaky memastikan tidak ada pebulu tangkis nasional yang mengikuti kedua ajang secara bersamaan atau bergiliran agar setiap atlet bisa fokus dengan agenda yang akan diikuti.

"Penyelenggaraannya hampir berbarengan, maka kami putuskan untuk membagi dua tim yang kekuatannya merata. Tidak ada pemain sama yang akan turun di dua turnamen tersebut," ujar Rionny dilansir dari Antara. 

Baca selengkapnya: Piala Thomas-Uber dan SEA Games Hampir Bersamaan, Ini Solusi PBSI

IndonesiaBulutangkisPutri Kusuma WardaniLeo Rolly Carnando/Daniel MarthinBerita BulutangkisSEA Games 2021

Berita Terkini