x

3 Srikandi Indonesia yang Bersinar di Piala Uber 2022

Minggu, 15 Mei 2022 17:32 WIB
Editor: Juni Adi
Pebulutangkis tunggal putri Indonesia, Bilqis Prasista. Foto: PBSI

FOOTBALL265.COM - Ada tiga atlet muda bulutangkis Indonesia yang bersinar di Piala Uber 2022. Siapa saja mereka?

Salah satu kejuaraan bulutangkis dunia paling bergengsi, Piala Thomas dan Uber 2022 salah satunya yakni kategori Piala Uber telah resmi berakhir.

Baca Juga

Korea Selatan keluar sebagai negara yang juara Piala Uber 2022, setelah mengalahkan China dengan skor 3-2 pada laga final.

Final yang mempertemukan Korea Selatan vs China berlangsung di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Sabtu (14/05/22) kemarin, berjalan ketat.

Dua negara dengan basis kekuatan bulutangkis itu saling berebut skor, sebelum akhirnya Korea Selatan mampu menumbangkan China.

Baca Juga

Tim Uber wakil Indonesia sendiri pada ajang edisi kali ini tak cukup begitu diunggulkan. Sebab, dari 12 atlet yang dikirim oleh PBSI, mayoritas minim pengalaman.

Hal itu tidak lepas dari padatnya jadwal bulutangkis, dimana ajang Piala Uber 2022 kali ini berdempetan dengan SEA Games 2021 di Vietnam.

Oleh sebab itu PBSI lalu mengambil keputusan untuk mengirimkan tim utama ke SEA Games 2021 di Vietnam.

Baca Juga

Pilihan PBSI terbilang logis lantaran di atas kertas peluang juara Indonesia dengan materi tim utama di Piala Uber 2022 pun terbilang tidak terlalu besar. 

Sedangkan peluang meraih medali di SEA Games 2021 di atas kertas jauh lebih besar, sehingga mereka lebih memilih menurunkan pemain muda.

Hal itu juga untuk memberikan jam terbang dan pengalaman bagi pebulutangkis muda potensial Indonesia, demi menjaga regenerasi di sektor putri.

Hasilnya pun cukup memuaskan, karena sejumlah nama sukses tampil gemilang bersama tim putri Indonesia di Piala Uber 2022. Setidaknya ada tiga nama yang mencuri perhatian, siapa saja?


1. Komang Ayu Cahya Dewi

Pebulutangkis tunggal putri Indonesia, Komang Ayu Cahya Dewi. Foto: PBSI

Pebulutangkis tunggal putri Indonesia, Komang Ayu Cahya Dewi berhasil mencuri perhatian di ajang Piala Uber 2022, setelah mampu mengalahkan dua pebulutangkis dengan ranking yang berada di atas dirinya.

Komang Ayu sendiri saat ini berada di peringkat 203 dunia, berhasil membuat pebulutangkis 43 dunia asal Prancis, Qi Xuefei dan peringkat 25 asal Jerman, Yvonne Li bertekuk lutut.

Baca Juga

Pertandingan perdana Komang Ayu di Piala Uber 2022 melawan tunggal putri Prancis, Qi Xuefei. 

Bermain lepas tanpa beban, Komang Ayu mampu mengendalikan permainan dari tekanan. Ia sempat mendapat perlawanan sengit sebelum akhirnya menang lewat rubber gim 22-20, 19-21, dan 21-18.

Di pertandingan kedua, Komang Ayu melawan wakil Jerman, Yvonne Li.

Baca Juga

Menghadapi Yvonne Li, Komang Ayu tampil secara beringas dan berhasil menyusahkan permainan Yvonne Li sampai akhirnya Komang berhasil menang dalam dua set langsung 21 – 15 dan 21 – 13.

Dengan permainan ciamiknya di Piala Uber tahun ini, membuat nama Komang Ayu menjadi sorotan warganet.

Dilansir dari laman PB Djarum, Komang Ayu Cahya Dewi lahir di Denpasar, 21 Oktober 2022.

Baca Juga

Saat ini, pemain utama sektor tunggal putri di Piala Uber 2022 masih menginjak umur 19 tahun, dan baru akan berumur 20 tahun pada tahun ini.

Komang Ayu adalah atlet yang berada dibawah binaan PB Djarum sejak 2016.

Selama bergabung dengan PB Djarum, Komang Ayu sudah beberapa kali memenangkan penghargaan bergengsi salah satunya menjadi Runner up Bahrain International Series 2021 di sektor tunggal putri.


2. Bilqis Prasista

Pebulutangkis tunggal putri Indonesia, Bilqis Prasista. Foto: PBSI

Nama Bilqis Prasista menjadi perbincangan setelah ia mengalahkan pebulutangkis asal Jepang, Akane Yamaguchi di lanjutan Piala Uber 2022.

Ia mampu mengalahkan Akane yang berperingkat nomor satu dunia di tunggal putri, dengan skor 21-19, 21-19. 

Baca Juga

Padahal Bilqis Prasista sendiri merupakan pemain debutan di Piala Uber dan hanya berperingkat 333 dunia.

Penampilan gemilang Bilqis Prasista rupanya bukan hanya di Piala Uber 2022 menumbangkan Akane Yamaguchi saja.

Sebelumnya ia juga mengukir prestasi gemilang saat menjadi bagian dari tim Indonesia di turnamen Badminton Asia Tim Championship (BACT 2022) di Malaysia beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Tak seperti atlet-atlet Indonesia lainnya yang melakukan selebrasi dengan berteriak keitka mendapat poin. Bilqis Prasista justru tetap tenang.

Ia bahkan nyaris tak bersuara tiap kali mendapatkan poin.

Penampilannya pada ajang partai kelima babak penyisihan Grup A Uber Cup 2022, Indonesia vs Perancis, menjadi salah satu buktinya, yang berlanjut di partai melawan Jepang.

Bilqis Prasista lahir pada 24 Mei 2003 lalu di Magelang, Jawa Tengah. Darah bulutangkis rupanya sudah mengalir dalam darahnya sedari kecil, karena kedua orang tuanya merupakan mantan legenda bulutangkis Indonesia.

Baca Juga

Kedua orang tuanya adalah Joko Supriyanto dan Zelin Resiana. Joko Supriyanto merupakan mantan pemain pelatnas di era 90an. 

Salah satu prestasi tertingginya adalah menjadi juara dunia 1993 di tunggal putra.

Sementara Zelin Resiana juga aktif di medio 90an dan masuk dalam tim putri Indonesia yang menjuarai Uber Cup 1994 dan 1996. 


3. Aisyah Sativa Fatetani

Pebulutangkis tunggal putri Indonesia, Aisyah Sativa Fatetani. Foto: PBSI

Aisyah Sativa Fatetani mendapat kepercayaan menjadi bagian penting di skuad Indonesia untuk Piala Uber 2022 atau Uber Cup 2022.

Aisyah Sativa Fatetani menjalani debutnya sebagai tunggal putri untuk partai ketiga laga pembuka Grup A Uber Cup 2022 kontra Perancis.

Dia bertemu dengan peringkat 55 dunia, Leonice Huet, Minggu (8/5/2022) di Bangkok, Thailand.

Sempat kerepotan dan kalah 12-21 pada gim pertama, Aisyah Sativa bangkit pada gim kedua dan ketiga dengan skor 21-13 dan 21-15.

Hasil Uber Cup 2022 tersebut membuat catatan manis debut Aisyah Sativa di ajang antarwanita di dunia itu.

Aisyah Sativa Fatetani mengawali kariernya bersama PB Djarum pada tahun 2012 atau ketika usianya masih 10 tahun.

Bertahun-tahun menimba ilmu di PB Djarum, namanya mulai moncer ketika dia berkompetisi di kejuaraan Pembangunan Jaya Junior Grand Prix 2018.

Piala UberKorea SelatanTRIVIABulutangkisBilqis PrasistaKomang Ayu Cahya DewiAisyah Sativa Fatetani

Berita Terkini