x

Beda Nasib Para Juara Bertahan di Indonesia Open 2022: 2 Tersingkir di Awal, 3 Terus Melaju

Jumat, 17 Juni 2022 11:13 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Dari 5 juara bertahan yang tampil di Indonesia Open 2022, ada 2 nasib yang berkebalikan di mana 2 gugur di babak awal, dengan 3 sisanya melaju nyaman.

FOOTBALL265.COM – Dari 5 juara bertahan yang tampil di Indonesia Open 2022, ada 2 nasib yang berkebalikan di mana 2 gugur di babak awal, dengan 3 sisanya melaju nyaman.

Usai gelaran Indonesia Masters 2022 pada pekan lalu, dunia bulutangkis kini diramaikan oleh turnamen Indonesia Open 2022.

Baca Juga

Ajang berlevel BWF World Tour Super 1000 itu digelar di tempat yang sama dengan Indonesia Masters, yakni Istora Senayan, Jakarta.

Tuan rumah Indonesia sendiri mengirimkan 20 pebulutangkis di ajang ini. Namun, para wakil itu berguguran di babak awal. Akibatnya, saat memasuki perempat final, Jumat (17/06/22), hanya 4 wakil Tanah Air yang tersisa.

Di sisi lain, Indonesia Open 2022 juga diikuti oleh kelima juara bertahan, yakni para pemenang di Indonesia Open 2021 lalu.

Baca Juga

Kelima nama tersebut adalah Victor Axelsen (tunggal putra), An Se-young (tunggal putri), Kevin Sanjaya/Marcus Gideon (ganda putra), Nami Matsuyama/Chiharu Shida (ganda putri), dan Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (ganda campuran).

Kelima juara bertahan ini pun membidik misi untuk mempertahankan gelar, sekaligus menjadi dua kali beruntun di Indonesia Open.

Apalagi, dari kelima juara bertahan tersebut, 4 di antaranya baru satu kali memenangi Indonesia Open yakni pada 2021 lalu yaitu Axelsen, An Se-Young, Matsuyama/Chida, dan Dechapol/Sapsiree.

Baca Juga

Di sisi lain, Kevin/Marcus sudah mengoleksi 3 gelar usai menang beruntun di 2018 dan 2019, dan kemudian menang lagi di 2021 setelah Indonesia Open 2020 tak digelar karena pandemi Covid.

Meski demikian, kelima juara bertahan itu pada akhirnya harus berbeda nasib di Indonesia Open 2022 dengan 2 di antaranya tersingkir di babak awal, sedangkan 3 lainnya melaju mulus ke perempat final.


1. Yang Gugur

Ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon

Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai

Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai menjuarai ganda campuran Indonesia Open 2021 lalu dengan cukup mulus.

Ketika itu, mereka tak kehilangan satu set pun sepanjang babak pertama hingga perempat final, dan baru terpaksa bermain rubber game di semifinal menghadapi Ko Sung-hyun/Eom Hye-won.

Baca Juga

Kemudian di final, mereka menang 2 game langsung dengan skor cukup telak 21-12 21-13 atas unggulan 3 saat itu Yuta Watanabe/Arisa Higashino.

Sayangnya, nasib naas dialami Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai di Indonesia Open 2022. Meski kembali jadi unggulan pertama, Bass/Popor langsung kandas di babak pertama, kalah 18-21 21-17 20-22 dari ganda non unggulan Malaysia, Goh Soon Huat/Shevon Lai.

Hasil ini pun meneruskan tren buruk Dechapol/Sapsiree di Indonesia setelah pekan lalu juga tersingkir di babak pertama Indonesia Masters.

Baca Juga

Kevin Sanjaya/Marcus Gideon

Berstatus sebagai juara bertahan sekaligus pemenang 3 edisi terakhir Indonesia Open (2018, 2019, dan 2021), Kevin/Marcus datang dalam kondisi tak optimal.

Seperti diketahui, Marcus Gideon baru saja pulih usai menjalani operasi dan masih dalam kondisi yang belum 100%.

Ia bahkan baru sempat berlatih seminggu sebelum tampil di Indonesia Masters 2022 yang digelar sepekan sebelum Indonesia Open 2022.

Baca Juga

Berstatus sebagai unggulan pertama, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon sedikit lebih baik daripada Dechapol/Sapsire. The Minions sukses melewati babak pertama, dengan mengalahkan kompatriot mereka, Wahyu Nayaka/Ade Yusuf 21-19 21-16.

Namun, langkah Kevin/Marcus terhenti di babak kedua alias 16 besar pada Kamis (17/06/22) kemarin. Mereka disingkirkan non unggulan asal Korea, Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae, 14-21 12-21.


2. Yang Mulus

Pebulutangkis Denmark, Victor Axelsen juara sektor tunggal putra Indonesia Masters 2022 di Istora Senayan, Minggu (12/06/22).

Victor Axelsen

Langkah Victor Axelsen menjuarai Indonesia Open 2021 lalu terbilang sangat mulus. Ia bahkan tercatat selalu menang 2 set langsung sepanjang babak pertama hingga semifinal, termasuk mengalahkan Jonatan Christie di semifinal.

Ia baru sedikit kesulitan saat tampil di partai puncak, dan butuh kemenangan rubber game 21-13 9-21 21-13 untuk menjadi juara dengan mengalahkan Loh Kean Yew.

Baca Juga

Langkah mulus Victor Axelsen itu pun kembali terulang sejauh ini di Indonesia Open 2022. Ia melaju lancar ke perempat final dengan menang telak 21-8 21-4 atas Kenta Tsuneyawa di babak pertama dan 21-17 21-9 atas Lu Guangzu di babak kedua.

Axelsen sendiri punya modal bagus lainnya, usai memenangi Indonesia Masters pekan lalu, tanpa kehilangan satu set pun.

Baca Juga

An Se-young

An Se-young menjadi juara bertahan lainnya yang melaju cukup mulus di Indonesia Open 2022 ini. Sejauh ini, tunggal putri Korea itu belum kehilangan satu set pun dan telah tiba di perempat final.

Di babak pertama, An Se-young yang menjadi unggulan 3 mengalahkan Neslihan Yigit 21-13 21-10, dilanjutkan mengalahkan Kirsty Gilmour 21-14 21-11 di babak kedua. Di perempat final, ia akan bertemu He Bingjiao.

 An Se-young pun berpeluang mengulang prestasinya di Indonesia Open 2021 lalu, di mana ia jadi juara tanpa kehilangan 1 set pun.

Baca Juga

Nami Matsuyama/Chiharu Shida

Menjadi juara bertahan dengan status unggulan terendah dibandingkan 4 juara bertahan lainnya (unggulan 6), Nami Matsuyama/Chiharu Shida justru terbilang melaju cukup lancar.

Mereka kini telah mencapai babak perempat final untuk bertemu Du Yue/Li Wenmei. Sebelumnya, Matsuyama/Shida menyingkirkan Julie Finne-Ipsen/Mai Surrow dan Liu Xuanxuan/Xia Yuting di babak pertama dan kedua, keduanya lewat kemenangan straight game.

Mereka pun di ambang berpeluang untuk mempertahankan gelar juara, meski terancam bertemu lawan sulit di semifinal yakni peringkat 1 dunia Chen Qing Cheng/Jia Yi Fan.

Kevin Sanjaya/Marcus GideonIndonesia OpenViktor AxelsenTRIVIABulutangkisDechapol Puavaranukroh/Sapsiree TaerattanachaiAn Se-youngBerita BulutangkisNami Matsuyama/Chiharu ShidaIndonesia Open 2022

Berita Terkini