x

Profil Liang Wei Keng/Wang Chang, Sang Juara Dunia China yang Kagumi Pesona The Daddies

Minggu, 10 Juli 2022 21:05 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Profil singkat serta perjalanan karier dari ganda putra China, Liang Wei Keng/Wang Chang, sang juara dunia yang kagum dengan pesona ganda senior Indonesia, The Daddies.

FOOTBALL265.COM – Melihat profil singkat serta perjalanan karier dari ganda putra China, Liang Wei Keng/Wang Chang, sang juara dunia junior yang kagum dengan pesona ganda senior Indonesia, The Daddies.

Nama ganda putra asal China, Liang Wei Keng/Wang Chang, belakangan memang jadi sorotan terutama bagi para pecinta bulutangkis Tanah Air.

Baca Juga

Pasalnya, Liang Wei Keng/Wang Chang baru saja mencuri perhatian badminton lovers lewat unggahan menyentuh hati di media sosialnya pasca kalah dari pasangan ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di semifinal Malaysia Masters 2022.

Seperti diketahui, Liang Wei Keng/Wang Chang gagal melangkah ke partai final Malaysia Masters 2022 usai dikalahkan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dengan skor 19-21 dan 14-21.

Meski dibuat kecewa karena gagal ke final Malaysia Masters 2022, namun Liang Wei Keng/Wang Chang, mengaku bahwa dia bersyukur bisa melawan The Daddies, apalagi Hendra adalah idolanya sejak kecil.

Baca Juga

Tak tanggung-tanggung, Liang Wei Keng bahkan berikan pujian dan mengaku terpesona dengan penampilan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan yang masih bisa tampil prima di usia yang tidak lagi muda.

“Pertama kali melihat idola Hendra bersaing di Olimpiade Beijing 2008, teknik dan ketenangannya membuatku amat takjub,” tulis Liang Wei Keng.

“Dulu saya berpikir, wow, masih ada atlet yang bisa bermain sekeren itu. 14 tahun berlalu, ketika saya mulai banyak bertanding internasional, dan dia (Hendra) masih berada di lapangan.”

Baca Juga

“Bertahun-tahun itu, tidak menghentikan kemampuan dan kecintaannya pada bulutangkis. Dia masih berhasil dan mengajari saya banyak hal. Terima kasih, saya bercita-cita menjadi atlet yang baik seperti Anda,” masih puji Liang Wei Keng untuk Hendra.

Dalam perjalanan kariernya, Liang Wei Keng/Wang Chang bukanlah sosok ganda putra sembarangan lantaran mereka mampu meraih sejumlah prestasi mentereng di ajang BWF.

Bahkan Hendra Setiawan yang jadi idola keduanya, juga mengakui bahwa nama Liang Wei Keng/Wang Chang berpotensi kian bersinar dan jadi ganda putra unggulan China di masa depan.


1. Profil Liang Wei Keng/Wang Chang

Pasangan Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian juara ganda putra Indonesia Masters 2022 di Istora Senayan, Minggu (12/06/22).

Melansir dari laman resmi BWF, diketahui bahwa Liang Wei Keng/Wang Chang merupakan salah satu ganda putra China yang masih berusia sangat muda yakni 21 tahun.

Meski muda, namun sederet prestasi pernah diraih Liang Wei Keng/Wang Chang baik saat bersama maupun dengan tandem mereka terdahulu.

Baca Juga

Sebagai informasi, sebelum dipasangkan baik Liang Wei Keng maupun Wang Chang sama-sama memiliki partner lain di sektor ganda putra.

Liang Wei Keng pernah menjadi tandem Shang Yichen, sementara Wang Chang sempat berpasangan dengan Di Zijian.

Secara prestasi, pasangan Liang Wei Keng dan Shang Yichen pernah meraih medali perunggu dalam ajang World Junior Championships tahun 2018 silam.

Baca Juga

Masih di tahun yang sama, Liang Wei Keng dan Shang Yichen kembali naik podium dengan menjadi runner up Asian Junior Championships.

Sementara di ajang BWF, Liang Wei Keng dan Shang Yichen sempat menjadi runner up Malaysia International tahun 2019, serta juara Banthongyord Junior International dan Dutch Junior International.

Berbeda dengan Liang Wei Keng dan Shang Yichen, sang partner yakni Wang Chang yang bertandem dengan Di Zijian, punya rekam jejak prestasi lebih mentereng di level junior.

Baca Juga

Tercatat, keduanya pernah meraih medali emas di ajang World Junior Championships tahun 2018 lalu.

Kemudian dua kali mendapatkan emas pada ajang Asian Junior Championships, yakni pada tahun 2017 serta 2018.

Sedangkan pada ajang BWF, Wang Chang dan Di Zijian baru sekali menjadi juara yakni di event SaarLorLux Germany Open tahun 2019.


2. Prestasi Liang Wei Keng/Wang Chang

Pasangan Ganda Putra China, Zi Jian/Wang Chang

Meski baru dipasangkan, namun Liang Wei Keng/Wang Chang sudah beberapa kali curi perhatian di panggung BWF.

Sepanjang tahun 2022 ini saja, Liang Wei Keng/Wang Chang mampu dua kali tampil di babak semifinal yakni pada ajang Indonesia Masters serta Malaysia Masters.

Baca Juga

Bahkan pada turnamen Indonesia Masters 2022, Liang Wei Keng/Wang Chang berhasil lolos ke putaran final setelah mengalahkan salah satu ganda putra terbaik Indonesia, Marcus Gideon/Kevin Sanjaya.

Pada pertandingan semifinal, Liang Wei Keng/Wang Chang mengalahkan Marcus Gideon/Kevin Sanjaya lewat dua set langsung dengan skor 17-21 dan 10-21.

Namun sayang, Liang Wei Keng/Wang Chang jadi juara setelah di babak final dikalahkan ganda putra Indonesia lain, Fajar Alfian/Muhammad Ardianto.

Sementara pada ajang Malaysia Masters 2022, seperti diketahui bahwa Liang Wei Keng/Wang Chang tumbang dari Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di semifinal dengan skor 21-19 dan 21-14.

Hendra Setiawan/Mohammad AhsanMohammad Ahsan/Hendra SetiawanBulutangkisBerita BulutangkisMalaysia Masters 2022Liang Wei Keng/Wang Chang

Berita Terkini