x

Tak Gelar Pemusatan Latihan, DKI Jakarta Pede Juara Piala Presiden Bulutangkis 2022

Rabu, 3 Agustus 2022 18:50 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Tim DKI Jakarta di Piala Presiden Bulutangkis 2022. Foto: PBSI

FOOTBALL265.COM - Walau tidak menggelar pemusatan latihan, kontingen DKI Jakarta percaya diri bisa mengangkat trofi juara di turnamen Piala Presiden Bulutangkis 2022.

Sepanjang sejarah bulutangkis Indonesia, Piala Presiden baru pertama kali digelar di tahun 2022, dan merangkul ratusan peserta yang datang dari 30 provinsi di Tanah Air.

Baca Juga

Piala Presiden 2022 diikuti oleh 606 atlet dari 30 provinsi, yang terbagi dalam tiga kelompok usia, dari U-13, U-15, dan U-17.

DKI Jakarta menjadi provinsi yang paling banyak mengirimkan peserta, yakni total 71 atlet, yang akan turun di tiga kelompok usia.

Dengan banyaknya wakil di Piala Presiden 2022, ditambah dengan kualitas para atlet yang sudah bergabung di klub profesional, DKI Jakarta optimis menjadi juara umum.

Baca Juga

Hal itu disampaikan oleh manajer tim DKI Jakarta, Hendro Santoso di GOR Nanggala, Cijantung, Jakarta Timur, Rabu (03/08/22).

"Tim DKI itu kan terdiri dari lima pengurus kota yaitu pengkot Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Utara dan Jakarta Pusat," ungkap Hendro Santoso.

"Setelah diumumkan bahwa ada Piala Presiden, kami langsung menggelar seleksi, kami mencari atlet-atlet terbaik lewat ajang bertajuk Piala Gubernur," jelas Hendro lagi.

Baca Juga

"Akhirnya terpilihlah 71 atlet dari lima pengkot tersebut, untuk kita bawa ke Piala Presiden," ujar manajer tim DKI Jakarta itu.

Sekadar informasi, ajang bertajuk Piala Presiden Bulutangkis 2022 ini dinilai sangat bergengsi, karena memperebutkan total hadiah Rp1 miliar dan juga piala bergilir.


1. Pembinaan Atlet di Klub Sudah Bagus

Raisya Affatunisa, wakil DKI Jakarta di Piala Presiden Bulutangkis 2022. Foto: PBSI

Menariknya, tak seperti provinsi lainnya yang menggelar pemusatan latihan, DKI Jakarta tidak melakukan TC karena sudah percaya akan kualitas para pebulu tangkis.

Para pebulu tangkis DKI Jakarta hanya berlatih di klub masing-masing, sebelum diturunkan di Piala Presiden Bulutangkis 2022 yang kini digelar di GOR Nanggala.

Baca Juga

"Karena para atlet ini sudah mempunyai tempat latihan masing-masing, kami pun akhirnya mengizinkan mereka untuk tetap berlatih di sana," kata Hendro Siswanto.

"Jadi, kami (pengprov DKI Jakarta) tidak mengadakan pemusatan latihan," ujarnya.

Disinggung mengenai hasil anak-anak asuhnya sejauh ini, Hendro menyampaikan semuanya masih sesuai dengan prediksi.

Baca Juga

"Hasil sejauh ini masih bagus menurut saya. Kami memang ada kalah dan menang, tapi secara persentasinya masih banyak yang menang," sahut Hendro Siswanto lagi.

"Kami tidak ada target untuk sektor yang spesifik, tapi nomor tunggal memang jadi andalan kami. Sementara di ganda, kami juga yakin akan ada yang ambil (juara)."

Masih menurut Hendro, Piala Presiden 2022 yang mempertandingkan kategori-kategori usia muda, selaras dengan misi pembinaan yang selama ini dilaksanakan DKI Jakarta.

Baca Juga

"Kalau secara pembinaan usia muda, DKI Jakarta berjalan dengan baik. Secara klub, di Mansion Exist kami punya pembinaan dari usia dini hingga taruna, Jaya Raya juga".

"Pengkot-pengkot lain juga sedang merangkak ke arah sana, pembinaan sejak awal usia dini hingga remaja," tukas Hendro.


2. Daftar Peserta Piala Presiden Bulutangkis 2022

Menpora Zainudin Amali dan Ketua Umum PP PBSI, Agung Firman Sampurna membuka Piala Presiden Bulutangkis 2022. Foto: PBSI

Berikut adalah daftar jumlah peserta Piala Presiden 2022 berdasar kontingen provinsi.

Bali: 14 atlet
Banten: 29 atlet
Bengkulu: 5 atlet
D.I. Yogyakarta: 26 atlet
DKI Jakarta: 71 atlet
Gorontalo: 10 atlet
Jambi: 24 atlet
Jawa Barat: 66 atlet
Jawa Tengah: 66 atlet
Jawa Timur: 61 atlet
Kalimantan Barat: 14 atlet
Kalimantan Selatan: 16 atlet
Kalimantan Tengah: 5 atlet
Kalimantan Timur: 29 atlet
Kalimantan Utara: 2 atlet
Bangka Belitung: 9 atlet
Kepulauan Riau: 12 atlet
Lampung: 8 atlet
Aceh: 4 atlet
Nusa Tenggara Barat: 12 atlet
Papua: 11 atlet
Riau: 23 atlet
Sulawesi Barat: 11 atlet
Sulawesi Selatan: 13 atlet
Sulawesi Tengah: 10 atlet
Sulawesi Tenggara: 13 atlet
Sulawesi Utara: 11 atlet
Sumatera Barat: 12 atlet
Sumatera Selatan: 12 atlet
Sumatera Utara: 18 atlet

DKI JakartaJaya Raya JakartaBulutangkisBerita BulutangkisPB ExistPiala Presiden Bulutangkis 2022

Berita Terkini