x

Punya Pasangan Baru di Vietnam Open, Dewi Bulutangkis Malaysia Tak Berharap Banyak

Senin, 12 September 2022 13:12 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Pebulutangkis ganda campuran Malaysia, Goh Liu Ying, akan tandem dengan pasangan barunya di ajang Vietnam Open 2022.

FOOTBALL265.COM - Pebulutangkis ganda campuran Malaysia, Goh Liu Ying, akan tandem dengan pasangan barunya di ajang Vietnam Open 2022.

Goh Liu Ying akan turun berpasangan dengan Low Juan Shen dalam turnamen yang berlangsung 27 September-2 Oktober 2022 tersebut di Ho Chi Minh City.

Baca Juga

Tampil berpasangan untuk pertama kalinya, wanita berusia 33 tahun itu tak mau memasang ekspektasi.

“Biasanya, butuh waktu untuk terbiasa satu sama lain. Kami sudah berlatih bersama tapi bermain untuk pertama kalinya di sebuah turnamen adalah hal yang berbeda,” tutur Liu Ying, dikutip dari The Star.

“Saya sudah pernah bermain dengan beberapa pemain lain tapi belum ada hasil memuaskan. Namun mari kita lihat apakah kali ini berhasil,” lanjutnya.

Baca Juga

Di babak pertama Vietnam Open 2022, Low Juan Shen/Goh Liu Ying akan bertemu pasangan tuan rumah, Van Hai Pham/Van Anh Than.

Di pool yang sama ada juga unggulan kedua Zachariah Josiahno/Hediana Julimarbela (Indonesia) dan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja.

Baca Juga

Kemudian ada juga pasangan unggulan ketujuh asal Hong Kong, Chang Tak Ching/Liu Lok Lok.

Di atas kertas, Juan Shen/Liu Ying seharusnya bisa mencapai minimal perempatfinal. Namun hasil di Vietnam Open tentu masih bergantung atas kecocokan mereka di lapangan.


1. Sulit Cari Pasangan Baru

Chan Peng Soon/goh Liu Ying, pebulutangkis Malaysia di Olimpiade Tokyo 2020.

Goh Liu Ying berpisah jalan dengan sang partner, Chan Peng Soon sejak tahun lalu. Kabar soal cerainya Chan Peng Soon/Goh Liu Ying tentu membuat para penggemar sedih, lantaran keduanya masih dianggap memiliki performa yang apik serta masih berada di peringkat 10 besar.

 Ia lalu berpasangan dengan Ong Yew Sin. Namun pasangan ini tak bertahan lama. Pasalnya, Ong Yew Sin ingin fokus di sektor ganda putra dengan Teo Ee Yi.

Baca Juga

Hasil terbaik Goh Liu Ying dengan Ong Yew Sin adalah di Korea Open ketika mereka mencapai perempat final.  Dalam pertandingan debut mereka, mereka kalah di babak pertama di German Open pada Maret tahun ini dan tersingkir di babak kedua di All England.

Liu Ying lalu menggandeng pemain tunggal putra, Soong Joo Ven. Namun lagi-lagi pasangan barunya itu ingin kembali fokus di sektor asalnya.

Setelah cerai dengan Chan Peng Soon yang memutuskan untuk kembali ke Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) pada Januari 2022 kemarin, Goh Liu Ying seperti kesulitan menemukan partner baru.

Baca Juga

Sementara itu di sektor ganda campuran lainnya, Chan Peng Soon juga akan bermain di Vietnam Open 2022. Ia menggandeng partner barunya, Cheah Yee See.

Pasangan itu berada di pool yang sama dengan pasangan Indonesia, Rehan Naufal/Lisa Ayu dan pasangan Indonesia lainnya, unggulan kelima Moh Reza Pahlevi/Melati Daeva.

Baca Juga

Malaysia juga mengandalkan pemain lainnya, yakni Cheam June Wei, Soong Joo Ven, Leong Jun Hao, Aidil Sholeh Ali Sadikin, Lim Chong King.

Di sektor tunggal putri ada Kisona Selvaduray dan Goh Jin Wei. Lalu di sektor ganda putra ada Yap Roy King/Chang Yee Jun, Goh V Shem/Lim Khim Wah, Wan Arif Wan Junaidi/Mohd Haikal Nazri.


2. Indonesia Andalkan Pemain Naturalisasi di Ajang Bulutangkis Vietnam Open 2022

Fuyu Iwasaki, pemain bulutangkis Jepang yang membela Indonesia di Macau Open 2019

Bukan dari sepak bola, Indonesia kini juga mengandalkan pemain naturalisasi, Fuyu Iwasaki, dalam turnamen bulutangkis Vietnam Open 2022 Super 100.

Naturalisasi adalah proses perpindahan kewarganegaraan. Seseorang yang awalnya berasal dari negara asing, mengucap ikrar untuk menjadi warga negara Indonesia.

Langkah ini umumnya dilakukan oleh cabang olahraga sepak bola dan basket, untuk mengangkat kualitas Tim Nasional dengan pemain berpengalaman di Eropa.

Namun rupanya, sebagai negara panutan bulutangkis dunia, Indonesia juga memiliki pemain naturalisasi, yakni Fuyu Iwasaki.

Diketahui, Fuyu Iwasaki menjalani program naturalisasi sejak tahun 2019 lalu, tetapi ia lama tak terdengar di kancah bulutangkis.

Baca Selengkapnya
Chan Peng Soon/Goh Liu YingGoh Liu YingBulutangkisBerita BulutangkisOng Yew Sin/Goh Liu Ying

Berita Terkini