x

Tembus Final Australian Open 2022, Aksi Gregoria Bekuk Jagoan China Bikin Dewan BWF Jantungan

Sabtu, 19 November 2022 15:41 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Juni Adi
Perjuangan Gregoria Mariska Tunjung menaklukkan andalan China, Han Yue, demi tembus final Australian Open 2022 membuat anggota dewan BWF jantungan. (PBSI)

FOOTBALL265.COM – Perjuangan Gregoria Mariska Tunjung menaklukkan andalan China, Han Yue, demi menembus final Australian Open 2022 membuat anggota dewan BWF, Bambang Rudiyanto, jantungan.

Seperti diketahui, salah satu partai semifinal tunggal putri Australian Open 2022 mempertemukan antara wakil Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung kontra Han Yue dari China, Sabtu (19/11/22).

Ini merupakan pertemuan keempat bagi kedua pemain, dengan satu-satunya kemenangan tersebut terjadi pada 2017 atau lima tahun silam.

Selebihnya, dia selalu menelan kekalahan pada dua laga lainnya, termasuk ketika melawan Han Yue pada semifinal Hylo Open 2022, awal November lalu.

Meski kalah unggul di atas kertas, Gregoria tetap mampu tampil spartan dengan memaksa Han Yue memainkan rubber set dalam tempo 56 menit.

Baca Juga

Bertanding di Quay Centre, Sydney, Australia, Gregoria Mariska akhirnya berhasil memenangkan laga tersebut dengan skor 18-21, 21-16, 21-14.

Menariknya, perjuangan Gregoria tersebut menarik perhatian Bambang Rudiyanto yang merupakan anggota dewan BWF asal Indonesia.

Baca Juga

Selama pertandingan Gregoria vs Han Yue, pria yang akrab disapa dengan Koh Rudy tersebut terpantau tiga kali mengirim cuitan di akun Twitter pribadinya.

Pada cuitan pertama, Koh Rudy tampak mengirimkan pesan bahwa Gregoria harus belajar dari pengalaman (kekalahan) sebelumnya lawan Han Yue sesaat setelah Gregoria kalah di set pertama.

“Fokus Jorji…. Learn the past experiences,” tulis Koh Rudy.

Baca Juga

1. Gregoria Bangkit demi Ciptakan Sejarah di Australian Open 2022

Tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. Foto: PBSI

Selanjutnya, Koh Rudy juga menyoroti momen perebutan poin di set penentuan, di mana Han Yu mencoba mengejar keunggulan Gregoria pada kedudukan 9-18 menjadi 12-18.

“Waduh…. 9-18 Ke 12-18,” tulis Koh Rudy yang seolah-olah dibuat cemas dengan situasi Gregoria sempat stagnan gagal menambah angka.

Untungnya, momentum Han Yue berakhir dengan Gregoria melakukan serangan tajam untuk mengamankan matchpoin. Sayangnya, Han Yue masih berusaha mengejar.

Setelah melalui perjuangan sengit, Gregoria akhirnya berakhir mengakhiri drama rubber set ini dengan kemenangan 21-14.

Baca Juga

“Yes… at last Jorji Ke Final,” Koh Rudy mengirim cuitan ketiga untuk merayakan kemenangan Gregoria.

Tak hanya Koh Rudy, perjuangan Gergoria di babak semifinal mengatasi perlawanan tangguh dari Han Yue juga membuat netizen terharu.

Baca Juga

Mereka bangga dengan pencapaian  pemain yang berpeluang mencatatkan sejarah sebagai tunggal putri Indonesia pertama yang akan tampil di BWF World Tour Finals 2022 di Bangkok, Thailand, 7-11 Desember mendatang.

Dengan kemenangan ini, Gregoria pun mampu mengakhiri penantiannya selama empat tahun dengan mencapai final pertama di ajang BWF World Tour Super 300.

Menariknya, hasil ini juga menjadi lonjakan besar dan babak baru bagi tunggal putri berperingkat 19 dunia tersebut di sepanjang kariernya. 

Sebab, dia mampu menembus 3 semifinal dalam 1 tahun kalender BWF World Tour, menjadi tunggal putri Indonesia yang akhirnya berpeluang menembus kejuaraan akhir tahun (World Tour Finals).

Selanjutnya, Gregoria Mariska akan menghadapi andalan Korea Selatan, An Se-young di final Australian Open 2022 yang akan digelar hari Minggu (20/11/22).

Baca Juga
BWFChinaGregoria MariskaBulutangkisBerita BulutangkisAustralian Open 2022

Berita Terkini