x

3 Hal Wajib Diwaspadai Ahsan/Hendra Jelang Lawan 'Monster' Malaysia di BWF World Tour Finals

Sabtu, 10 Desember 2022 10:42 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan harus waspada melawan Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi, di babak semifinal BWF World Tour Finals 2022. (Foto: PBSI)

FOOTBALL265.COM – Ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan harus waspada melawan Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi, di babak semifinal BWF World Tour Finals 2022.

Hasil drawing semifinal BWF World Tour Finals 2022 mempertemukan Ahsan/Hendra dengan Ong Yew Sin/Teo Ee Yi. Keduanya akan bertemu hari ini, Sabtu (10/12/22) di Court 1 Nimibutr Arena, Bangkok, Thailand.

Ahsan/Hendra sebelumnya memastikan lolos ke babak semifinal setelah menjadi runner-up di grup B. Mereka menjadi terbaik kedua di belakangan pasangan China, Liu Yuchen/Ou Xuan Yi.

Sementara itu, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi juga lolos ke babak semifinal sebagai runner-up di Grup A, di belakang pasangan Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Babak semifinal BWF Word Tour Finals 2022 akan menjadi pertemuan kelima bagi The Daddies – julukan Ahsan/Henda – dengan pasangan ganda putra peringkat 8 dunia tersebut.

Baca Juga

The Daddies terakhir kali bertemu dengan Ong Yew Sin/Teo Ee Yi pada Januari 2022 lalu, tepatnya di turnamen India Open Super 500.

Saat itu Ahsan/Hendra berhasil menumbangkan Ong/Teo di babak semifinal setelah secara straight gim dengan skor 21-15, 21-18.

Sementara Ong/Teo baru sekali berhasil mengalahkan Hendra/Ahsan saat keduanya bertemu di turnamen Thailand Open 2019.

Baca Juga

Kala itu, Ong/Teo yang masih jadi pemain baru di kancah ganda putra internasional menaklukkan Ahsan/Hendra secara rubber set dengan skor 18-21, 21-16, 23-21.

Di atas kertas, Ahsan/Hendra punya peluang besar untuk kembali mengalahkan Ong/Teo, sekaligus memperpanjang rekor kemenangan menjadi 4-1.

Namun, kejutan bisa saja terjadi dengan Ong/Teo mampu menaklukkan Ahsan/Hendra mengingat mereka punya tiga hal yang jadi ancaman selama BWF World Tour Finals 2022:

Baca Juga

1. 1. Performa Mengerikan Ong Yew Sin/Teo Ee Yi

Pasangan ganda putra Ong Yew Sin/Teo Ee Yi

Bila dibandingkan dengan dua ganda putra top Malaysia lain, yakni Aaron Chia/Soh Wooi Yik dan Goh Sze Fei/Nur Izzudin Rumsani, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi jadi pasangan yang paling menanjak performanya.

Ong Yew Sin/Teo Ee Yi mengawali musim 2022 dengan menduduki peringkat 11 dunia. Dalam prosesnya, mereka berhasil naik empat posisi dan kini berada di peringkat 8 dunia.

Setelah terhenti di semifinal India Open 2022, Ong/Teo tampil cukup konsistensi dengan enam kali menembus perempat final turnamen BWF World Tour.

Torehan ini dilakukan saat tampil di German Open, Swiss Open, Korea Open, Malaysia Open, Japan Open, dan terakhir di French Open.

Selain itu, Ong/Teo berhasil menjadi runner-up Australian Open 2022. Mereka hanya puas juara dua usai dikalahkan pasangan China, Lu Yuchen/Ou Xuan Yi.

Baca Juga

Catatan ini membuat Ong/Teo berhasil memastikan kualifikasi untuk debut di BWF World Tour Finals 2022, menemani Aaron Chia/Soh Wooi Yik yang lolos dari jalur Juara Dunia 2022.

Tak tanggung-tanggung, mereka langsung berstatus unggulan ketiga di belakang Fajar Alfian/Muhammad Rian dan Ahsan/Hendra.

Kendati menjadi kuda hitam, namun Ong/Teo membuktikan kualitasnya selama menjalani tiga pertandingan babak penyisihan grup BWF World Tour Finals.

Baca Juga

Sempat dikalahkan pasangan nomor 1 dunia Takuro Hoki/Yugo Kobayashi di laga perdana, Ong/Teo bangkit memenangkan dua pertandingan terakhir.

Pertama, mereka berhasil menumbangkan pasangan Korea Selatan Choi Sol Gyu/Kin Won Ho secara straight gim dengan skor 21-17 23-21.

Kemudian mereka secara mengejutkan mengalahkan unggulan 1 Fajar/Rian meski harus melalui pertarungan tiga gim yang sengit dengan skor 10-21 21-17 21-19.

Baca Juga

2. Satu-satunya Wakil Malaysia di Ganda Putra

Lolosnya Ong Yew Sin/Teo Ee Yi ke babak semifinal BWF World Tour Finals 2022 menjadikan mereka sebagai salah satu tulang punggung Malaysia untuk menggondol gelar.

Pasalnya, rekan seperjuangan mereka Aaron Chia/Soh Wooi Yik harus tersingkir setelah hanya finis sebagai juru kunci di Grup B yang dihuni oleh Ahsan/Hendra.

Aaron/Soh tertinggal dalam persaingan dua posisi terbaik di grup B setelah menelan kekalahan dari pasangan China, Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi secara rubber set 23-21, 22-24, 21-16.

Nasib mereka semakin terpuruk usai ditaklukkan ganda putra Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen dengan skor 19-2121-23.

Baca Juga

Hasil ini menandai Aaron/Soh untuk ketiga kalinya tersingkir dari babak penyisihan grup BWF World Tour Finals, di mana mereka juga mengalaminya di tahun 2019 dan 2020.

Malaysia sendiri memiliki satu wakil lain yang lolos ke semifinal, yakni pasangan ganda campuran Tan Kian Meng/Lai Pei Jing.

Namun demikian, publik Negeri Jiran tetap menaruh harapan besar Ong Yew Sin/Teo Ee Yi bisa membuat gebrakan dengan mengalahkan Ahsan/Hendra untuk lolos ke final BWF World Tour Finals 2022.

Baca Juga

2. 3. Tak Perlu Cepat, Ahsan/Hendra Wajib Main Cerdik

Press Conference Pasangan Ganda Putera Malaysia Aaron Chia/Nur Izuddin dan Ong Yew Sin/Teo EE Yi pasca mini turnamen BirghtUp Cup 2022, Jumat (11/10/22), di Tennis Indoor Senayan, Jakarta Pusat.

Diyakini oleh pelatih mereka, Chin Eei Hui sebelumnya, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi mampu mencapai semifinal World tour Finals 2022 bulan depan.

Namun, syaratnya, Ong/Teo harus menjaga konsistensi performa terlebih saat menghadapi lawan-lawan berat, termasuk unggulan pertama dari Indonesia, Fajar/Rian.

“Mereka memiliki kualitas untuk mencapai semifinal. Namun, performa mereka kerap naik turun dan banyak yang akan bergantung pada performa hari itu,” kata Eei Hui dilansir dari The Star.

“Mereka harus lebih konsisten agar tetap berada di 10 besar dan juga meraih gelar,” lanjutnya. “Mereka bermain bagus di semifinal (Australia Terbuka) tapi mereka tidak dalam performa terbaiknya di final,” kata Eei Hui saat mengevaluasi penampilan Ong/Teo.

Konsistensi menjadikan Ong Yew Sin/Teo Ee Yi sebagai salah satu bukti bahwa ganda putra Malaysia tidak boleh diremehkan di kancah internasional.

Baca Juga

Pasangan ini memiliki gaya permainan modern, yakni cepat dan selalu tampil percaya diri. Status kuda hitam justru membuat Ong Yew Sin/Teo Ee Yi bisa bermain nothing to lose alias tanpa beban.

Pengalaman Ahsan/Hendra yang telah mengantongi tiga gelar juara BWF World Tour Finals 2022 jelas akan berbicara banyak di pertandingan nanti.

Namun menghadapi Ong /Teo yang kini jadi monster di sektor ganda putra, Ahsan/Hendra harus bisa mengimbanginya dengan bermain taktis nan cerdik seperti biasanya.

Baca Juga
MalaysiaMohammad Ahsan/Hendra SetiawanBWF World Tour FinalsBulutangkisTeo Ee Yi/Ong Yew SinBerita BulutangkisBWF World Tour Finals 2022

Berita Terkini