x

Fantastis jadi Sorotan Dunia, 5 Gelar Tunggal Priska Madelyn Nugroho dari Turnamen ITF 2022

Sabtu, 24 Desember 2022 17:45 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
Hanya dalam enam bulan, petenis muda Indonesia, Priska Madelyn Nugroho, menggenggam lima gelar tunggal turnamen ITF yang lantas jadi sorotan dunia.

FOOTBALL265.COM –  Hanya dalam enam bulan, petenis muda Indonesia, Priska Madelyn Nugroho, menggenggam lima gelar tunggal turnamen ITF yang lantas jadi sorotan dunia.

Sorotan sebagaimana dilansir dari akun resmi International Tennis Federation (ITF) yang mengunggah kolase lima foto Priska Madelyn Nugroho dari berbagai pertandingan.

“Lima gelar tunggal ITF dalam enam bulan,” tulis instagram @itftennis pada Rabu (21/12/22).

Lantas unggahan ITF tersebut mendapatkan pujian dari akun resmi kompetisi internasional utama dalam tenis wanita, Billie Jean King Cup.

Komentar Billie Jean King Cup mengatakan bahwa  pencapaian Priska Madelyn Nugroho sungguh ‘tidak terhentikan’ sembari mengunggah ulang foto Priska Madelyn Nugroho di media sosialnya.

Baca Juga

Lantas apa saja lima gelar juara yang telah digenggam oleh Priska Madelyn Nugroho, petenis Indonesia berusia 19 tahun selama enam bulan terakhir pada 2022? Mari membahasnya.

1. ITF India 07A

Melansir laman Antara, sepanjang enam bulan jelang akhir 2022, Priska Madelyn Nugroho meraih gelar terakhirnya pada pekan lalu di ITF India 07A.

Baca Juga

Dalam turnamen di Solapur India, Priska Madelyn Nugroho berhasil menggenggam juara usai meraih kemenangan dua set 6-4 dan 6-2 atas petenis Finlandia, Anastasia Kulikova.

Gelar di India tersebut memberikan tambahan poin bagi Priska Madelyn. Melansir laman WTA, pada Rabu (21/12/22) lalu, petenis Indonesia itu menempati posisi ke 391.

Ranking yang telah dicapai tersebut diketahui menjadi yang tertinggi sepanjang karier Priska Madelyn Nugroho sebagai atlet tenis.

Baca Juga

1. Gelar Lain Priska Madelyn Nugroho

Catatan gelar Priska Madelyn Nugroho di nomor tunggal pada 2022.

2. ITF W25 Traralgon 2 Australia

Gelar kedua diraih oleh Priska Madelyn Nugroho di turnamen ITF W25 Traralgon 2, Australia, pada 24-27 November 2022 lalu.

Setelah mengalahkan para musuh berbahaya, petenis Indonesia asal Jakarta tersebut menembus final dan menang 6-4 dan 6-4 atas petenis Inggris, Naiktha Bains di final.

3. ITF W15 Monastir 28

Priska Madelyn meraih gelar jaura di ITF W25 Monastir 28 yang berlangsung pada 18-24 Juli 2022 usai memenangi laga pamungkas yang ketat melawan petenis India, Vaidehi Chaudhari, 6-3, 1-6, 6-4.

4. ITF W15 Monastir 30

Pekan sebelumnya pada 25 -31 Juli 2022, Priska Madelyn Nugroho telah menggenggam gelar juara usai meraih kemenangan mudah atas petenis Rusia, Anastasia Gureva dengan skor 6-2 dan 6-1 di final.

Baca Juga

5. ITF W15 Monastir 32

Gelar keempat diraih Priska Madelyn Nugroho di ITF W15 Monastir yang berlangsung pada 8-14 Agustus 2022. Dia meraih gelar juara usia di final menang 6-0 dan 6-3 atas petenis Jepang, Saki Imamura.

Saat ini pada 20-25 Desember 2022, Priska Madelyn Nugroho juga sedang berjuang untuk mengikuti turnamen tenis ITF W15 di Bengaluru, India.

Baca Juga

Per Sabtu (24/12/22), dia sukses menapaki partai final usai berhasil mengalahkan petenis Finlandia, Anastasia Kulikova, dengan skor 6-7, 7-5, 6-3.

Jika kembali melesat ke final dan menjadi juara, tentunya itu semakin menambah deret panjang pencapaian Priska Madelyn Nugroho jelang 2023.

Baca Juga

2. Profil Selengkapnya

Rekam Jejak Karier Priska Madelyn Nugroho.

Priska Madelyn Nugroho lahir di Jakarta pada 29 Mei 2003. Sampai Desember 2022, Priska Madelyn telah memenangi lima gelar di tunggal dan 10 gelar ganda turnamen ITF.

Priska Madelyn Nugroho pertama kali mengangkat raket tenis apda usia empat tahun melalui orang tuanya, Albertus Nugroho dan Emiliana Nugroho .

Pada usia tujuh tahun, dia mulai mengikuti berbagai turnamen junior. Pada usia 11 tahun, dia kemudian serius menggeluti tenis, sampai memutuskan homeschooling demi bisa fokus ikut turnamen.

Pada usia 14 tahun, dia menjuarai ajang WTA Future Stars kategori U-14 di final WTA 2017 yang berlangsung di Singapura.

Pada tahun 2019, Priska terpilih mewakili Indonesia di Pesta Olahraga Asia Tenggara SEA Games dan berhasil mengoleksi medali perunggu nomor tunggal.

Baca Juga

Kemudian pada tahun 2020, Priska baru saja menjuarai Australian Open Junior 2020 untuk sektor ganda berpasangan dengan petenis Filipina Alexandra Eala.

Saat itu Priska Madelyn Nugroho/Alexandra Eala menggenggam gelar juara usai di final mengalahkan pasangan Ziva Falkner/Matilda Mutravdzic dengan skor 6-1 dan 6-2.

Baca Juga

Prestasi tersebut membuat nama Priska Madelyn Nugroho sebagai petenis Indonesia ketiga yang memenangi turnamen Grand Slam di level junior tersebut.

Karena sebelumnya, Indonesia juga memiliki Angelique Widjaja yang berhasil menjuarai ajang yang sama saat berpasangan dengan Gisela Dulko (Argentina).

Priska Madelyn Nugroho dengan segala pencapaiannya tentunya diharapkan untuk bisa menjadi pelapis para petenis andalan Indonesia seperti Aldila Sutjiadi dan lain-lain.

Apalagi perjalanan masih panjang untuk bisa mencapai ambisi tertinggi tampil di hajatan akbar olahraga seperti Olimpiade.

Baca Juga
IndonesiaITFInternational Tennis Federation (ITF)TenisPriska Madelyn NugrohoBerita Tenis

Berita Terkini