x

Bedah Peluang Fajar Alfian/Rian Ardianto Pecah Kutukan di Malaysia Open 2023

Minggu, 1 Januari 2023 07:19 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
Sedang naik daun, mari bedah peluang ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto pecah kutukan dan juarai Malaysia Open 2023.

FOOTBALL265.COM – Sedang naik daun, mari bedah peluang ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto pecah kutukan dan juarai Malaysia Open 2023.

Tak bisa dipungkiri, Fajar/Rian menjadi salah satu pebulutangkis yang paling dibicarakan sepanjang tahun 2022. Utamanya saat ranking dunianya melesat ke posisi satu dunia per Selasa (27/12/22).

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto sukses mengudeta posisi pertama yang sebelumnya diduduki oleh pasangan Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Hasil teramat luar biasa jika mengingat perjalanan Fajar/Rian yang sempat terseok-seok sejak terakhir meraih gelar juara Korea Open 2019.

Tercatat dalam laman BWF bahwa Fajar/Rian tidak pernah juara sejak itu meskipun status mereka masih berada di ranking 10 besar dunia.

Baca Juga

Puncaknya, sejumlah kritikan menghantam Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang sedang dalam pembuktian untuk bersaing dengan junior-juniornya yang meroket tajam.

Salah satu kritik menohok di media sosial adalah Fajar/Rian yang dianggap akan sulit bersaing ke level atas dan tampil di Olimpiade.

Baca Juga

Alih-alih menyerah. Fajar/Rian justru menjadikan kritikan sebagai cambukan mereka untuk bangkit. Bahkan Fajar/Rian sukses menapaki delapan final dan empat gelar hanya dalam waktu tujuh bulan.

Kini Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto meroket menjadi ganda putra nomor satu Indonesia menyalip Kevin Sanjaya/Marcus Gideon dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Konsistensi mereka dipertaruhkan saat pada 2023. Termasuk ajang Malaysia Open 2023 akan berlangsung pada 10-15 Januari di Axiata Arena, Kuala Lumpur.

Padahal dari riwayat lima kali berpartisipasi di ajang Malaysia Open, rapor Fajar/Rian tidak cukup apik bahkan belum pernah juara. Mari mengupasnya.

Baca Juga

1. Misi Patahkan Riwayat Buruk

Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto misi patahkan riwayat buruk di Malaysia Open.

Sebagaimana dilansir dari rilis PBSI, Indonesia sendiri mengirimkan 19 pebulutangkis yang akan berjuang untuk berebut posisi terbaik di Malaysia Open 2023.

Mengingat Malaysia Open 2023 sudah berkategori Super 1000, maka yang dikirimkan Indonesia hanyalah pebulutangkis dengan ranking terbaik.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menjadi salah satu yang diharapkan bisa untuk mempersembahkan gelar juara bagi Indonesia di Malaysia Open 2023.

Tahun lalu, Fajar/Rian sejatinya juga tampil baik, bahkan nyaris untuk mengenggam gelar juara. Sayangnya, mereka harus puas jadi runner-up usai kalah dari Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Hasil itu sungguh mengecewakan mengingat mereka sejatinya ingin memutus rekor buruk karena belum pernah juara dalam empat kali penampilannya di Malaysia Open.

Baca Juga

Jika dijabarkan, Fajar/Rian pertama kali tampil di Malaysia Open 2017 namun harus puas terhenti di babak 16 besar karena dikalahkan Li Jun Hui/Liu Yu Chen (China).

Hasil yang sama persis diraih Fajar/Rian di Malaysia Open 2018 saat tersingkir di babak 16 besar oleh ganda putra Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen.

Baca Juga

Pencapaian Fajar/Rian sedikit lebih baik di Malaysia Open 2019 yang melesat ke semifinal namun kalah tipis dari Takeshi Kamura/Keigo Sonoda.

Kini, di ajang Malaysia Open 2023, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berpeluang besar untuk mengakhiri kutukan dan menjadi juara.

Namun perjalanan yang harus dilalui pun diprediksi tidak akan mudah jika melihat lawan mereka dalam drawing Malaysia Open 2023. Selengkapnya di halaman ketiga.

Baca Juga

2. Bedah Peluang Fajar/Rian

Peluang Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto di Malaysia Open 2023.

Berdasarkan drawing Malaysia Open 2023 yang dilansir dari laman Federasi Bulutangkis Dunia (BWF), Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berada di pool atas.

Mereka satu pool dengan ganda putra Indonesia lainnya, yakni Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan.

Hanya saja, Fajar/Rian baru akan bertemu salah satu dari Ahsan/Hendra atau Pramudya/Yeremia, jika sama-sama mulus ke babak semifinal.

Padahal secara faktanya, Fajar/Rian sejak babak pertama Malaysia Open 2023, sudah langsung ditantang pebulutangkis kuda hitam asal Prancis, Christo Popov/Toma Junior Popov.

Meski unggul dipertemuan pertama, namun Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto harusnya waspada terhadap kebangkitan dan upaya revans sang lawan.

Baca Juga

Jikapun lolos ke babak kedua, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto juga potensi akan berjumpa wakil Jerman ranking 11 dunia, Mark Lamsfuss/Marvin Seidel.

Lagi-lagi unggul ranking, namun Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto juga memiliki head to head berimbang 1-1 atas wakil Jerman tersebut.

Baca Juga

Pertaruhan krusial bagi Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto jika melaju ke perempat final adalah potensi mereka ketemu Ong Yew Sin/Teo Ee Yi (Malaysia) atau Lu Ching Yao/Yang Po Han.

Kedua rival ini sama-sama sengit jika harus dihadapi Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di Malaysia Open 2023 mendatang.

Karena masih ingat betul ketika Fajar/Rian di pertemuan terakhir pernah takluk dari Ong Yew Sin/Teo Ee Yi, tepatnya di penyisihan Grup A BWF World Tour Finals 2022.

Namun selama Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto bermain apik sejak babak awal, kemungkinan mereka menggenggam juara Malaysia Open 2023 akan terbuka sangat lebar.

Baca Juga
Fajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoBulutangkisMalaysia OpenBerita BulutangkisMalaysia Open 2023

Berita Terkini