x

Hasil Swiss Open 2023: Zacha/Bela Kena Comeback Chinese Taipei, Tren Negatif Indonesia Berlanjut

Rabu, 22 Maret 2023 23:36 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Hasil buruk kembali dituai oleh pebulutangkis Indonesia di Swiss Open 2023 usai Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela tumbang di sektor ganda campuran. (Foto: PBSI)

FOOTBALL265.COM - Hasil buruk kembali dituai oleh pebulutangkis Indonesia di Swiss Open 2023 usai Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela tumbang di sektor ganda campuran.

Menghadapi pasangan asal Chinese Taipei, Chiu Hsian-chieh/Lin Xiao-min, pada Rabu (22/03/23) malam WIB keduanya tunduk lewat tiga set 15-21, 21-18, dan 21-10.

Babak 32 besar Swiss Open 2023 pun seakan jadi kubur massal bagi bara wakil Merah-Putih setelah sebelumnya Shesar Hiren Rhustavito (tunggal putra), Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan, dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (ganda putra) juga mengalami nasib yang sama.

Padahal Zacha/Bela diprediksi bisa melaju cukup jauh mengingat lawan mereka juga sama-sama non-unggulan. Terlebih euforia keberhasilan lolos hingga babak 16 besar di All England 2023 lalu harusnya masih terasa.

Akan tetapi faktor non-teknis bisa jadi penyebaba kenapa ganda nomor 28 dunia itu tersandung. Duka akibat berpulangnya Syabda Perkasa Belawa mungkin masih memberatkan sebagian atlet tepok bulu Indonesia saat ini.

Baca Juga

Jalannya Pertandingan

Dapat unggul lebih dulu 2-5, pada awalnyanya Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela terlihat bisa menangani dengan mudah lawan mereka.

Chiu Hsian-chieh/Lin Xiao-min berkali-kali mencoba untuk menghabiskan stamina keduanya namun footwork sekaligus pengembalian yang baik jadi kunci.

Baca Juga

Tanpa terasa interval pun tiba dimana Zacha/Bela mampu unggul cukup nyaman 7-11.

Setelah rehat, dominasi mereka masih berlanjut. Bahkan lima poin beruntun bisa didapatkan.

Tidak lama berselang pun set pertama jadi milik Zacha/Bela dengan skor akhir 15-21.

Baca Juga

1. Set Kedua dan Ketiga

Pasangan ganda campuran Indonesia Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela. (Foto: PBSI)

Kegoyahan Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela baru tampak pada set kedua. Tiba-tiba duel menjadi lebih seimbang dari game pertama.

Beberapa kali kedua kubu bisa saling susul menyusul dalam skor, 3-3, 5-5, 6-6, sebelum akhirnya Chiu Hsian-chieh/Lin Xiao-min malah bisa mencuri keunggulan saat interval 11-10 usai sempat tertinggal cukup jauh.

Setelahnya duel sengit kembali terjadi. Chiu jadi bintang utama karena mampu memanfaatkan keunggulan fisik serta tangan dominan kirinya.

Baca Juga

Berkali-kali ia dapat memaksa Bela dan juga Zacha berlari kesana kemari mengejar smash dan drive-nya. Pada akhirnya pasangan Chinese Taipei bisa merebut game kedua 21-18.

Memasuki set penentuan, Zacha/Bela semakin doyong. Lagi-lagi interval bisa menjadi milik Chiu/Lin 11-9.

Baca Juga

Usai turun minum sejenak mereka bahkan hanya bisa mendulang satu poin sehingga lawan dapat menyelesaikan pertandingan lebih cepat.

Dalam sekejap game point 20-10 sudah dicapai. Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela sempat berjuang untuk bisa memperpanjang napas namun pada akhirnya kehebatan Chiu Hsian-chieh/Lin Xiao-min harus diakui.

Langkah ganda campuran Indonesia tersebut pun resmi berakhir di babak 32 besar Swiss Open 2023.

Baca Juga

 Baca berita sepakbola dan olahraga lainnya di Google News
 

BulutangkisBerita BulutangkisZachariah Josiahno Sumanti/Hediana JulimarbelaSwiss Open

Berita Terkini