x

Turunkan 'Anak Bawang', Seberapa Besar Kans Tunggal Putri Raih Emas SEA Games 2023?

Jumat, 5 Mei 2023 12:35 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
Andalkan Komang Ayu, Ester Nurumi, Stephanie Widjaja, hingga Mutiara Ayu, seberapa kans tunggal putri Indonesia raih emas bulutangkis SEA Games 2023.

FOOTBALL265.COM – Andalkan Komang Ayu, Ester Nurumi, Stephanie Widjaja, hingga Mutiara Ayu, seberapa kans tunggal putri Indonesia raih emas bulutangkis SEA Games 2023.

SEA Games 2023 bakal digelar pada 5-17 Mei nanti, dan cabang olahraga (cabor) bulutangkis baru akan dipertandingkan pada 8-16 Mei di Morodok Techno Stadium, Phnom Penh, Kamboja.

Indonesia sebagai salah satu negara unggulan bulutangkis, menurunkan skuat kombinasi senior-junior di ajang ini dengan target empat medali SEA Games 2023.

Keputusan menurunkan pemain senior-junior juga atas pertimbangan bentroknya SEA Games 2023 dengan Piala Sudirman 2023 pada 14-21 Mei di China.

Salah satu yang tak kalah menuai sorotan adalah tunggal putri, dan diharapkan akan lahirnya medali emas bulutangkis SEA Games 2023 dari pemain Indonesia.

Baca Juga

SEA Games 2023 ini tak diperkuat Gregoria Mariska dan Putri Kusuma Wardani yang edisi lalu meraih perunggu SEA Games 2021.

Tunggal putri Indonesia diperkuat empat pemain muda yakni Komang Ayu, Ester Nurumi, Stephanie Widjaja, hingga Mutiara Ayu.  Lalu seberapa besar kans mereka meraih emas SEA Games 2023?

Baca Juga

Melihat profil mereka, tak ada dari mereka yang berusia lebih dari 21 tahun. Namun mereka sudah punya pencapaian mentereng yang diharapkan bisa jadi modal untuk bersaing di SEA Games 2023.

Komang Ayu misalnya. Berusia 20 tahun, gadis asal Bali ini sudah dua kali menapaki runner-up musim 2022 dan saat ini di ranking 51 dunia. Dia juga berpengalaman bela Indonesia di Piala Uber 2022 lalu.

Kemudian Stephanie Widjaja. Pernah menjadi ranking satu dunia junior, gadis berusia 20 tahun ini tahun lalu sudah menggapai dua final dan satu gelar juara di Bonn International.

Baca Juga

1. Profil Srikandi Muda Indonesia

Tunggal putri Indonesia, Ester Nurumi Tri Wardoyo di Piala Suhandinata 2022. (Foto: PBSI)

Lebih muda dari Stephanie Widjaja dan Komang Ayu, dua srikandi bulutangkis Indonesia di SEA Games 2023 yakni Ester Nurumi Tri Wardoyo dan Mutiara Ayu juga punya profil mengesankan.

Ester Nurumi Tri Wardoyo pernah dipercaya masuk skuat Indonesia di Piala Uber 2020 dengan penampilannya yang mengesankan.

Fantastisnya, musim lalu, adik kandung Chico Aura Dwi Wardoyo yang berusia 18 tahun ini sudah menapaki lima final turnamen bulutangkis dengan dua gelar didapat.

Hal yang menjadikan Ester Nurumi sebagai salah satu andalan Indonesia baik di event bulutangkis beregu putri maupun individu SEA Games 2023.

Terakhir adaah Mutiara Ayu Puspita Sari yang saat ini baru berusia 16 tahun, namun sudah menyegel gelar Slovenia International 2021 dan Indonesia International Series 2022.

Baca Juga

Jadi tumpuan Indonesia di cabor bulutangkis SEA Games 2023 memang harus diakui bukan misi yang mudah bagi pemain muda seperti Komang Ayu, Ester Nurumi, Stephanie Widjaja, dan Mutiara Ayu.

Apalagi para pesaing menurunkan pemain-pemain andalan yang secara pengalaman mungkin saja lebih tinggi ketimbang Indonesia.

Baca Juga

Di kubu Thailand misalnya, nama-nama pebulutangkis sarat pengalaman seperti Lalinrat Chairwand an Supanida Kathetong akan jadi rival sengit empat srikandi bulutangkis Indonesia di SEA Games 2023.

Belum lagi Thailand menurunkan titisan Ratchanok Intanon, yakni Pitchamon Opatniputh, yang tahun lalu juga sudah menyegel tiga gelar juara.

Dilansir Instagram @djarumbadminton, semangat membara dan optimisme pun diberikan fans untuk empat srikandi bulutangkis Indonesia di SEA Games 2023.

Baca Juga

Sumber: Tournament Software, Instagram @djarumbadminton.

IndonesiaSEA GamesBulutangkisStephanie WidjajaBerita BulutangkisEster Nurumi Tri WardoyoKomang Ayu Cahya DewiMutiara Ayu PuspitasariSEA Games 2023

Berita Terkini