x

Awas Mutiara Ayu, 4 Kampiun Kejuaraan Asia Junior yang Gagal Moncer di Senior

Senin, 17 Juli 2023 19:34 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Tunggal putri Indonesia, Mutiara Ayu Puspitasari meraih medali emas di sektor tunggal putri Badminton Asia Junior Championships (AJC) 2023 di Among Rogo Sports Hall, Yogyakarta, Minggu (16/07/23). (Foto: PBSI)

FOOTBALL265.COM - Mutiara Ayu Puspitasari wajib waspada, karena ada empat kampiun Kejuaraan Asia Junior asal Indonesia yang gagal moncer saat naik ke level senior.

Pebulu tangkis jebolan PB Djarum, Mutiara Ayu Puspitasari mengukir sejarah. Ia sukses menyabet medali emas sektor tunggal putri Kejuaraan Asia Junior 2023, Minggu (16/7/23).

Tunggal putri kelahiran Ngawi (Jawa Timur), 17 Mei 2006 itu naik podium tertinggi ajang Kejuaraan Asia Junior 2023 usai mengatasi wakil Korea Selatan, Kim Min Ji, skor 21-11, 21-17.

Namun, perjuangan tidak habis sampai di sana. Mutiara Ayu harus membuktikan jika ia bisa tampil konsisten dan meraih prestasi sampai level senior.

Maklum, ada beberapa pemain muda Indonesia yang juga pernah meraih medali emas Kejuaraan Asia Junior, tetapi mereka melempem dan gagal bersinar di senior. 

Baca Juga

Berikut INDOSPORT merangkum empat pebulu tangkis Indonesia yang naik podium Kejuaraan Asia Junior, tetapi gagal moncer di level senior.

1. Ardiansyah Putra

Ardiansyah Putra pernah meraih medali emas sektor tunggal putra pada Kejuaraan Asia Junior 2001. Ia digadang-gadang akan menjadi penerus Taufik Hidayat.

Baca Juga

Namun, ekspektasi yang berlebih membuat Ardiansyah Putra gagal bersinar. Ia malah didepak dari Pelatnas pada tahun 2004.

Ardiansyah dikabarkan mengalami trauma terhadap bulutangkis. Namun sekitar tahun 2007, ia dikabarkan kembali terjun di dunia tepok bulu, dan sampai kini masih memiliki andil.

Saat ini Ardiansyah Putra menjabat sebagai Ketua PBSI Kota Bekasi periode 2021-2025. Ia juga merintis AIC Famindo Badminton Club.

Baca Juga

1. 2. Lukhi Apri Nugroho

Lukhi Apri Nugroho/Ririn Amelia yang pernah meraih medali emas Kejuaraan Asia Junior 2011.

Lukhi Apri Nugroho pernah meraih medali emas Kejuaraan Asia Junior 2011 Lucknow, India, berpasangan dengan Ririn Amelia di sektor ganda campuran.

Seperti kebiasaan, ada beberapa pemain yang justru dirombak saat sudah masuk ke level senior. Begitu pula Lukhi yang sempat menjadi partner Kevin Sanjaya, Annisa Saufika, Masita Mahmudin, dll.

Cukup disayangkan Lukhi gagal bersinar di level senior. Ia sempat menggaet pemain Malaysia, Muhammad Syawal untuk bisa merintis kariernya lagi, tapi hanya satu gelar yang bisa mereka raih.

3. Ririn Amelia

Sama seperti Lukhi, Ririn Amelia juga mulai kehilangan performa terbaiknya saat harus dipisahkan dan bermain di sektor ganda putri. 

Ririn Amelia pernah menggandeng Komala Dewi, Melvira Oklamona, bahkan pemain Malaysia, Anna Ching Yik Cheong. Tetapi pemain jebolan PV Djarum itu kesulitan bersaing.

Baca Juga

Ririn Amelia akhirnya menggndeng Lukhi Apri Nugroho lagi, dan sempat menjuarai Lao International Series 2017, sebelum ia akhirnya memutuskan gantung raket.

4. Arya Maulana Aldiartama

Tak banyak yang tahu sosok Arya Maulana Aldiartama, padahal ia adalah eks partner Kevin Sanjaya di level junior, dan mereka sama-sama merintis karier di PB Djarum.

Baca Juga

Arya Maulana juga pernah meraih medali emas Kejuaraan Asia Junior 2012, berduet dengan Edi Subaktiar, dan meraih perunggu di tahun 2013, berpasangan dengan Kevin Sanjaya.

Namun, bongkar pasang pemain Pelatnas membuat Arya tidak berkembang. Ia pun dilepas PBSI di tahun 2015, dan setahun berselang Arya memutuskan pensiun dini.

Arya Maulana Aldiartama memilih hijrah ke Kanada dan menjadi pelatih bulutangkis di sana. Namun sesekali ia juga kembali ke Indonesia untuk melepas rindu.

Baca Juga
BulutangkisBerita BulutangkisMutiara Ayu PuspitasariKejuaraan Asia JuniorBadminton Asia Junior

Berita Terkini