x

Cerita Haru Pebulutangkis Top Indonesia yang Putuskan Hijrah Memperdalam Agama

Senin, 14 Agustus 2023 15:48 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
Mengulas cerita haru para atlet bulutangkis top Indonesia yang memutuskan hijrah memperdalam agama, dari Maria Febe Kusumastuti, hingga Mohammad Ahsan.

FOOTBALL265.COM – Mengulas cerita haru para atlet bulutangkis top Indonesia yang memutuskan hijrah memperdalam agama, dari Maria Febe Kusumastuti, hingga Mohammad Ahsan.

Rutinitas menjadi atlet bulutangkis agaknya tak menyurutkan sederet nama berikut untuk secara teratur menjalankan kewajibannya terkait urusan agama.

Bahkan tak hanya sekadar teratur, di balik kesibukannya tersebut, sederet nama ini makin rajin untuk beribadah dan menjalankan ketentuan agama.

Jika di Islam, beraksi di lapangan mengenakan pakaian serba menutup aurat menjadi hal yang paling mjdah dilihat dari para pebulutangkis yang berhijrah.

Lantas siapa sajakah para atlet bulutangkis Indonesia yang memilih jalan hijrah tersebut? INDOSPORT mengulas empat pebulutangkis top Indonesia yang memutuskan berhijrah.

Baca Juga

Mereka berhijrah rupanya memiliki cerita haru masing-masing. Mereka adalah Maria Febe Kusumastuti, Mohammad Ahsan, Rian Agung Saputro, dan Hanna Ramadini.

1. Maria Febe Kusumastuti

Maria Febe Kusumastuti yang lekat dengan predikat sebagai salah satu tunggal putri terbaik yang dimiliki Indonesia itu merupakan seorang mualaf.

Maria Febe memutuskan memeluk agama Islam pada tahun 2013 silam karena merasa nyaman mendengar suara adzan.

Namun Maria Febe baru merilis keputusan dirinya memeluk agama Islam pada tahun 2017 silam usai dirinya dinikahi Andrei Adistia.

"Ceritanya panjang, ada dorongan aja di hati. Dulu waktu kecil aku suka dengerin adzan, cuma kadang sama orang tua ditegur, ngapain sih lu.”

Baca Juga

“Beranjak dewasa, aku kan di Djarum, di Pelatnas. Seiring waktu, aku lihat mereka tarawih, ada acara-acara gitu, tergerak hatiku," ujar Maria Febe Kusumastuti melansir Program Close Up Usee TV.

Setelah memeluk agama Islam, dia pun mengganti namanya menjadi Aisyah Febe dan juga mengenakan hijab di kehidupan sehari-hari.

Bahkan saat comeback bermain bulutangkis dengan Debby Susanto dalam laga eksebisi beberapa waktu lalu, Maria Febe tetap setia mengenakan hijabnya.

Dilansir dari unggahan pribadinya, Maria Febe tampil cantik mengenakan jersey merah dipadu manset, celana, legging, hingga hijab warna hitam.

Baca Juga

1. Atlet Bulutangkis Berhijrah Perdalam Agama

Ada Rian Agung Saputro, Deretan Atlet Bulutangkis Berhijrah Perdalam Agama.

2. Mohammad Ahsan

Deretan atlet bulutangkis Indonesia yang memutuskan berhijrah memperdalam agama Islam berikutnya adalah Mohammad Ahsan.

Masih berstatus sebagai pebulutangkis top Indonesia, Mohammad Ahsan yang terkenal religius, setia dengan menurut auratnya mengenakan legging ketat saat bertanding.

Selain itu, Mohammad Ahsan pun memilih minum sambil berjongkok atau duduk, pokoknya tidak berdiri, mengikuti ajaran Nabi Muhammad SAW.

Usut punya usut, Mohammad Ahsan dikabarkan memutuskan memperdalam agama setelah menuntaskan ibadah umrah pada 2016 lalu.

Sejak saat itu, perubahan yang ditunjukkan Mohammad Ahsan begitu membuat kagum dan menginspirasi banyak pebulutangkis lain untuk berhijrah.

Baca Juga

3. Rian Agung Saputro

Salah satu pemain bulutangkis Indonesia yang memilih hijrah memperdalam agama Islam adalah eks partner Mohammad Ahsan, yakni Rian Agung Saputro.

Sejak berhijrah, perak medali perak Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2017 itu mengubah penampilannya selama menjalani pertandingan dengan menutupi bagian auratnya dengan mengenakan legging.

Terlihat pula sikap Rian Agung Saputro yang memilih duduk ketika meminum air di sela-sela bertanding layaknya Mohammad Ahsan.

Rian Agung Saputro bahkan memilih tak berjabat tangan jika harus menjalani pertandingan bulutangkis yang dipimpin oleh wasit wanita.

Baca Juga

4. Hanna Ramadini

Sebagai salah satu pebulutangkis tunggal putri terbaik Indonesia, Hanna Ramadini mundur dari pelatnas PBSI pada 1 Juni 2018.

Dari rumor yang selama ini beredar, kala itu Hanna Ramadini memutuskan hengkang dari pelatnas PBSI karena ingin berhijrah mengenakan hijab.

Benar saja, usai tak lagi di PBSI, Hanna Ramadini langsung mengenakan hijab kala bertanding bulutangkis sebagai atlet nonpelatnas.

Kini, Hanna Ramadini semakin cantik bikin pangling dengan kesetiannya mengenakan jilbab saat membina rumah tangga dengan Arya Maulana di New Jersey, Amerika Serikat.

Baca Juga
Mohammad AhsanMaria Febe KusumastutiHanna RamadiniRian Agung SaputroTRIVIAIndepth

Berita Terkini