x

Malaysia Panik Lihat Mulyo Handoyo Resmi Jadi Pelatih Kepala Bulutangkis India

Senin, 14 Agustus 2023 09:52 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Indra Citra Sena
Malaysia tampaknya sedang panik usai Mulyo Handoyo didapuk menjadi kepala pelatih di sektor tunggal bulutangkis India belum lama ini.

FOOTBALL265.COM - Malaysia tampaknya sedang panik usai Mulyo Handoyo didapuk menjadi kepala pelatih di sektor tunggal bulutangkis India belum lama ini.

News Drum pernah melaporkan bahwa Mulyo Handoyo kembali didapuk menjadi pelatih kepala di sektor tunggal oleh Asosiasi Bulutangkis India (BAI).

Baca Juga

Selain itu, BAI juga merekrut dua sosok lain untuk menukangi tim mereka, yakni Ivan Sozonov dan Park Tae-sang.

Melansir The Star, Sekretaris Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM), Datuk Kenny Goh, mengaku tengah kesulitan untuk mendatangkan pelatih baru.

"Satu tantangan besar bagi kami adalah sulitnya mendatangkan pelatih lantaran masih banyak pelatih di luar sana yang sudah terikat kontrak," ujar Goh.

"Akan tetapi, mungkin hal ini akan lebih mudah kalau kami menunggu sampai Olimpiade Paris mendatang," pungkasnya.

Baca Juga

BAM sendiri saat ini tengah mencari pelatih baru untuk mennggantikan Wong Choong Hann dan Datuk Misbun Sidek.

Kembali ke India, Mulyo Handoyo sendiri pernah menukangi bulutangkis negara tersebut pada 2017, tepatnya saat melatih Srikanth Kidambi.

Tae-sang juga pernah menukangi Pusarla Venkata Sindhu yang sukses meraih medali perunggu di Olimpiade Tokyo 2021 yang lalu.

Ivan Sozonov sendiri pernah berpasngan dengan Vladimir Ivanov dan menjadi rival berat Kevin Sanjaya/Marcus Gideon pada masanya.

Baca Juga

1. Rekam Jejak Mulyo Handoyo dan Ivan Sozonov

Ivan Sozonov, pelatih bulutangkis India.

Mulyo Handoyo yang resmi menjadi kepala pelatih tunggal India tersebut namanya melejit ketika masih jadi pelatih Taufik Hidayat.

Berkat tangan dingin Mulyo Handoyo, Taufik Hidayat menjelma sebagai tunggal putra andalan Indonesia yang sukses menyabet medali emas Olimpiade Athena 2004.

Baca Juga

Selain itu, Mulyo juga menjadi saksi kesukesan Taufik Hidayat menyabet gelar juara di Kejuaraan Dunia 2005 hingga meraih berbagai gelar seperti Indonesia Open hingga Singapore Open.

Namun, ia resmi hengkang menjadi pelatih tunggal putra Indonesia dan bergabung dengan tim bulutangkis India pada 2017 lalu.

Memutuskan hengkang dari India pada 2019, Mulyo menangani tunggal putra Singapura dan mampu mengangkat nama Loh Kean Yew.

Di sisi lain, Ivan Sozonov pernah gemilang di sektor ganda putra berpasangan dengan Vladimir Ivanov dan sempat menduduki peringkat 7 ranking BWF.

Baca Juga

Mantan rival Kevin Sanjaya/Marcus Gideon tersebut pernah gemilang dengan meraih dua gelar juara di European Championships pada tahun 2014 dan 2021.

Saat masih aktif di dunia bulutangkis, Ivan Sozonov juga berhasil meraih beberapa gelar seperti Russian Open hingga All England pada edisi 2016.

Kala itu, Vladimir Ivanov/Ivan Sozonov berhasil mengalahkan ganda putra Jepang, Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa di final dengan skor 21-23, 21-18, 21-16.

Baca Juga
Mulyo HandoyoBulutangkisAsosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM)Asosiasi Bulutangkis India (BAI)

Berita Terkini