x

Chen Hung-ling, Pebulutangkis Berkacamata yang Bisa Jadi Rujukan Daniel Marthin

Rabu, 16 Agustus 2023 06:40 WIB
Penulis: Martini | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Pasangan ganda putra Indonesia, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin mengalami kendala jelang Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023. (Foto: PBSI)

FOOTBALL265.COM - Mengenal sosok Chen Hung-ling, pebulu tangkis berkacamata asal Chinese Taipei yang bisa jadi rujukan bagi Daniel Marthin saat mengalami mata minus.

Sebagaimana diketahui, Daniel Marthin mengalami kendala serius dalam persiapan menghadapi Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023. Matanya kini mengalami masalah.

Baca Juga

Padahal, pasangan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin tengah menanjak di tahun 2023. Mereka menduduki peringkat 5 dari daftar unggulan BWF World Tour Finals.

Mereka telah menjuarai Indonesia Masters 2023, kemudian berlaga di babak semifinal Orleans Masters hingga Malaysia Masters 2023.

Dalam waktu dekat, Leo/Daniel akan berlaga di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023. Performa mereka yang menanjak membuat The Babies diharapkan naik podium.

Naasnya, Daniel Marthin justru mengalami masalah kesehatan lantaran matanya kini mengalami minus dan silinder, tetapi tak bisa melakukan operasi lasik.

Baca Juga

"Saya punya kendala mata minus dan silinder yang semakin parah. Silinder empat di mata kiri, dan dua di mata kanan," ungkap Daniel Marthin saat ditemui di Pelatnas PBSI.

"Lalu yang minus, empat setengah di mata kanan, dan dua di mata kiri," tambah Daniel Marthin pada Senin (14/08/23) kemarin.

"Kemarin mau lasik enggak bisa karena kornea mata saya lancip, jadi harus pakai lensa khusus. Sudah lama ini gangguannya, makin ke sini makin parah," lanjut Daniel.

Jalan satu-satunya, Daniel Marthin bisa menggunakan kacamata saat bertanding di lapangan. Meski langka, namun ada pemain bulutangkis yang pernah melakukannya.

Baca Juga

1. Chen Hung-ling, Si Pebulu Tangkis Berkacamata

Potret lawas pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto saat menjuarai Chinese Taipei Masters 2016, setelah menang dramatis atas Chen Hung Ling/Wang Chi-Lin.

Salah satu pemain bulutangkis yang juga mempunyai kendala penglihatan dan memakai kacamata setiap kali bertanding adalah Chen Hung-ling asal Chinese Taipei.

Chen Hung-ling adalah pebulu tangkis spesialis ganda putra yang pernah berduet dengan Wang Chi-lin, sebelum Wang meraih medali emas Olimpiade bersama Lee Yang.

Baca Juga

Meski memiliki masalah penglihatan dan memakai kacamata, namun Chen Hung-ling/Wang Chi-lin pernah menduduki peringkat atas di sektor bulutangkis ganda putra.

Walaupun jika melihat head to head, Chen Hung-ling/Wang Chi-lin tak pernah menang dari Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi Gideon dari lima pertemuan sejak tahun 2016-2018.

Chen Hung-ling/Wang Chi-lin hanya pernah menang dari Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di Chinese Taipei Open 2016, itu pun dengan skor sengit 25-23, 22-20.

Sebelum Chen Hung-ling memutuskan pensiun, ia juga pernah menaklukkan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Baca Juga

Pasangan asal Chinese Taipei itu berhasil menaklukkan pasangan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di French Open 2018 dan BWF World Tour Finals 2018.

Chen Hung-ling telah membuktikan bahwa menggunakan kacamata tidak menghalangi dirinya untuk meraih prestasi di kancah bulutangkis dunia.

Oleh karena itu, Daniel Marthin mestinya juga bisa mengambil pelajaran dari sisi keteladanan Chen Hung-ling.

Baca Juga
Cheng Hung Ling/Wang Chi LinBulutangkisDaniel MarthinLeo Rolly Carnando/Daniel MarthinBerita BulutangkisKejuaraan Dunia Bulutangkis

Berita Terkini