x

Selain Mohammad Ahsan, Kejuaraan Dunia 2023 Jadi Panggung Terakhir 4 Pebulu Tangkis Ini?

Senin, 21 Agustus 2023 14:15 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Prio Hari Kristanto
Sejumlah atlet ini berpotensi menjadikan BWF World Championships atau Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023 sebagai panggung terakhir mereka. Foto: PBSI

FOOTBALL265.COM – Sejumlah atlet ini berpotensi menjadikan BWF World Championships atau Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023 sebagai panggung terakhir mereka.

Di antara mereka adalah Hendra Setiawan, Beiwen Zhang, Pablo Abian, dan Svetlana Zilberman. Para atlet bulutangkis tersebut berpotensi akan pensiun dalam waktu dekat.

Simak cerita masing-masing atlet bulutangkis tersebut, dimulai dari Hendra Setiawan, ganda putra asal Indonesia partner Mohammad Ahsan.

1. Hendra Setiawan

Hendra Setiawan dari Indonesia menjadi salah satu atlet bulutangkis yang diprediksi bisa menjadikan Kejuaraan Dunia 2023 sebagai "panggung terakhirnya" sebelum pensiun.

Banyak alasan melatarbelakangi kemungkinan tersebut, salah satunya lantaran usianya yang sudah tidak muda lagi. Bayangkan saja saat ini partner Mohammad Ahsan itu sudah menginjak 39 tahun.

Baca Juga

Usai memang tidak bisa bohong sebagai salah satu faktor mengapa stamina dan kecepatan bermain Hendra Setiawan tampak menurun dibandingkan saat masih muda.

Meskipun tak menampik jika di usianya yang sudah tidak muda lagi, Hendra Setiawan tetap sanggup bertengger di top sembilan ranking BWF dengan Mohammad Ahsan.

Status terakhir Mohammad Ahsan di Instagram juga menjadi alasan lain mengapa Hendra Setiawan bisa saja menjadikan Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023 sebagai panggung terakhirnya.

Ya, sebagaimana diketahui jika Mohammad Ahsan belum lama ini mengunggah status menggemparkan jika tahun ini menjadi edisi Kejuaraan Dunia terakhir yang diikutinya.

“Bismillah, my last World Badminton Championship. BarakALLAH” tulis Mohammad Ahsan pada Sabtu (19/8/23).

Baca Juga

Dipadukan sejak 2012 dan sempat dicerai kemudian rujuk kembali, rasanya membuat Hendra Setiawan/Hendra Setiawan susah untuk mencari pasangan baru jika salah satunya pensiun nanti.

Artinya, kemungkinan besar Hendra Setiawan juga bisa menjadikan Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023 sebagai panggung terakhirnya seperti Mohammad Ahsan.

Hanya saja mengingat ambisi Hendra Setiawan/Hendra Setiawan yang tetap membuncah untuk ikut Olimpiade Paris 2024, mungkin mereka akan pensiun setelah itu.

Mari dinantikan bersama akan sejauh mana perjalanan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan berkarier sebagai atlet bulutangkis.

Di halaman kedua akan ada profil Beiwen Zhang, Pablo Abian, dan Svetlana Zilberman yang berpotensi menjadikan Kejuaraan Dunia 2023 sebagai panggung terakhirnya.

Baca Juga

1. Kejuaraan Dunia 2023 Panggung Terakhir Sejumlah Atlet?

Beiwen Zhang, pebulutangkis AS cedera hingga harus pakai kursi roda di Olimpiade Tokyo.

2. Beiwen Zhang

Menyusul Hendra Setaiwan, tunggal putri kebanggaan Amerika Serikat, Beiwen Zhang, bisa saja menjadikan Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023 sebagai panggung terakhirnya.

Beiwen Zhang dengan terang-terangan pernah berujar dalam sebuah wawancara dengan BWF bahwa dia akan pensiun  tahun 2024 setelah Olimpiade Paris.

“Setiap turnamen penting bagi saya, karena saya akan pensiun setelah Olimpiade, jadi saya ingin meningkatkan level saya sebelum saya pensiun,” ujar Beiwen Zhang kepada BWF.

Beiwen Zhang mungkin sangat dimengerti jika dia sudah merencanakan pensiunnya sejak saat ini. Apalagi saat ini sudah menginjak 33 tahun.

Belum lagi sepanjang kariernya, Beiwen Zhang sudah sering terpapar cedera serius yang sering menjegal misinya di berbagai kejuaraan bergengsi.

Baca Juga

Seperti saat Beiwen Zhang didera cedera di bagian Achilles berulang kali, seperti yang memutus asanya di Olimpiade 2020.

Meskipun harus diakui jika Beiwen Zhang saat ini sangat gacor performanya. Bertengger di ranking 10 BWF, tahun ini dia sudah menapaki tiga final turnamen dengan gelar juara Australia Open.

3. Svetlana Zilberman

Seperti Hendra Setiawan dan Beiwen Zhang, sosok Svetlana Zilberman bisa saja menjadikan Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023 sebagai panggung terakhirnya.

Bagaimana tidak, melansir profil di laman BWF, Svetlana Zilberman lahir di Beliasova, 10 Mei 1958. Artinya, saat tampil di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023, dia sudah berusia 65 tahun.

Dia memang sempat berujar jika enggan pensiun untuk menemani anaknya, Misha Zilberman, bermain di ganda campuran. Namun saat ini Misha Zilberman juga sudah 33 tahun.

Baca Juga

Kemampuan Misha Zilberman bermain rangkap di usia kepala tiga, tentu juga butuh banyak pengorbanan jika dia tetap mengedepankan pencapaian.

Bisa saja nantinya Misha hanya fokus di satu sektor. Alih-alih di ganda campuran, Misha Zilberman diprediksi akan main di tunggal putra saja untuk memberi kesempatan sang ibu pensiun.

4. Pablo Abian

Pablo adalah pebulu tangkis tunggal putra dari Spanyol yang lahir pada 12 Juni 1985. Saat tampil di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023, usianya adalah 38 tahun, sama dengan Hendra Setiawan.

Hampir 40 tahun, Pablo Abian belum menunjukkan tanda-tanda pensiun dengan betapa aktifnya dia mengikuti turnamen bulutangkis di musim 2023 ini.

Namun jika mempertimbangkan usia, bukan tidak mungkin jika Pablo Abian juga akan menjadikan Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023 sebagai panggung terakhirnya sebelum pensiun.

Baca Juga
Hendra SetiawanPablo AbianTRIVIABulutangkisBerita BulutangkisBeiwen ZhangKejuaraan Dunia BulutangkisSvetlana ZilbermanIndepth

Berita Terkini