x

Langkah Rinov/Pitha di Kejuaraan Dunia Terjegal Unggulan asal Thailand

Kamis, 24 Agustus 2023 18:23 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari gagal melaju ke babak perempat final Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023 usai dijegal Dechapol/Sapsiree. (Foto: PBSI)

FOOTBALL265.COM - Ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari gagal melaju ke babak perempat final Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023 usai dijegal Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai.

Bertanding di Royal Arena, Kopenhagen, Kamis (24/08/23), Rinov Rivaldy/Pitha  Haningtyas Mentari harus mengakui keunggulan Dechapol/Sapsiree dalam dua set langsung 12-21, 19-21 dalam tempo 41 menit.

Baca Juga

Pertandingan dimulai dengan adu drive dan smash sengit. Rinov/Pitha kerap tertinggal dari Dechapol/Sapsiree pada kedudukan 4-6, 5-8 dan 7-10.

Rinov/Pitha tak mampu membalikkan keadaan usai tertinggal di interval pertama 8-11 setelah smash lurus Rinov terlalu ke belakang dan out.

Usai turun minum, pasangan Dechapol/Sapsiree tampil dominan dalam perolehan angka. Rinov/Pitha pun terus kehilangan poin beruntun dari 10-15 hingga 11-20.

Satu angka bertambah untuk Rinov/Pitha usai netting mereka gagal dikembalikan. Namun, dorongan shuttlecock Sapsiree kurang diantisipasi membuat Rinov/Pitha takluk di set pertama 12-21.

Baca Juga

Pada set kedua, Rinov/Pitha mencoba mengontrol permainan. Mereka pun mampu unggul dari Dechapol/Sapsiree hingga kedudukan 4-3.

Namun Dechapol/Sapsiree mampu membalikkan  keadaan membuat Rinov/Pitha kembali tertinggal 4-6, 6-6, 7-9 hingga sebelum interval 8-11.

Dechapol/Sapsiree kewalahan meladeni perubahan taktik Rinov/Pitha usai turun minum. Beberapa kali Rinov/Pitha mampu mengejar sampai kemudian menyamakan skor 18-18.

Rinov/Pitha punya peluang untuk membalikkan keadaan namun Dechapol/Sapsiree terlalu perkasa. Alhasil, mereka pun menyerah di set kedua 19-21.

Hasil ini membuat Rinov/Pitha tersingkir di babak 16 besar sedangkan Dechapol/Sapsiree lolos ke babak perempat final Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023.

Baca Juga

1. Indonesia Sisakan 3 Wakil di Ganda Campuran

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023 (Foto: PBSI)

Dengan kekalahan Rinov/Pitha dari Dechapol/Sapsiree, maka Indonesia hanya menyisakan dua wakilnya di sektor ganda campuran pada Kejuaraan Dunia Bulutangkis.

Kedua pasangan tersebut adalah Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja  dan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati.

Baca Juga

Sama halnya Rinov/Pitha, jalan terjal akan menanti kedua pasangan tersebut mengingat mereka akan menghadapi para wakil di babak 16 besar pada hari ini.

Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja  akan menghadapi "monster" ganda campuran dunia, Zheng Siwei/Huang Yaqiong yang jadi juara bertahan tahun lalu.

Di atas kertas, Dejan/Gloria tentunya bukan tandingan bagi Zheng/Huang, yang merupakan peraih 3 medali emas Kejuaraan Dunia Bulutangkis dan pemenang 3 ajang World Tour pada tahun ini.

Namun, bukan berarti Dejan/Gloria tak ada peluang. Kemenangan sensasional mereka atas Yuki Kaneko/Misaki Matsutomo dan Robin Tabeling/Selena Piek membuktikan bahwa Dejan/Gloria tak bisa diremehkan.

Baca Juga

Sementara Rehan/Lisa juga masih kalah unggul dari Yuta/Arisa. Pertemuan pertama kedua pasangan ini terjadi di Badminton Asia Championships 2022 yang dimenangkan wakil Jepang.

Menarik untuk dinantikan adalah dari ketiga pasangan Indonesia tersebut yang mampu memberikan kejutan di babak 16 besar hari ini dengan mengalahkan lawan mereka.

Baca Juga
BulutangkisRinov Rivaldy/Pitha HaningtyasDechapol Puavaranukroh/Sapsiree TaerattanachaiKejuaraan Dunia Bulutangkis

Berita Terkini