x

Ekspresi Alwi Farhan di Piala Suhandinata Jadi Sorotan

Minggu, 1 Oktober 2023 20:32 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Alwi Farhan saat tampil di Piala Suhandinata 2023 (Foto: PBSI)

FOOTBALL265.COM - Skuat bulutangkis Indonesia akhirnya gagal membawa pulang Piala Suhandinata, setelah kandas di tangan China pada babak final, Minggu (01/10/23) pagi.

Indonesia harus puas menempati posisi kedua di ajang BWF World Junior Mixed Team Championships 2023 di Spokane, Washington, AS. Hasil akhir 1-3 untuk kemenangan China.

Baca Juga

Indonesia gagal lagi membawa pulang trofi yang mengambil nama Suharso Suhandinata itu. Terakhir kali Merah Putih meraihnya yakni pada edisi 2019 di Kazan, Rusia, usai menjegal China 3-1. 

Pada urutan pertama, pasangan ganda campuran Indonesia, Jonathan Farrell Gosal/Priskila Venus Elsadai kalah dua set dari Liao Pin Yi/Zhang Jia Han, skor akhir 19-21, 14-21.

Kemudian di urutan kedua, Alwi Farhan berhasil menaklukkan Hu Zhe An dengan susah payah melalui babak rubber, hingga mencapai skor 21-15, 19-21, 21-13.

Mutiara Ayu Puspitasari tampil di urutan ketiga, tetapi juara Asia Junior itu kandas di tangan Xu Wen Jing saat dipaksa ke babak rubber, skor 12-21, 21-19, 11-21.

Baca Juga

Pasangan ganda putra Muhammad Al Farizi/Nikolaus Joaquin akhirnya merasakan beban berat saat meladeni Ma Shang/Zhu Yi Jun. Mereka kalah di angka 16-21, 16-21.

Hanya Alwi Farhan yang bisa mencuri poin atas China, tetapi pencapaian sang kapten belum cukup untuk membawa pulang Piala Suhandinata. Tentu saja Alwi ikut muram.

Pasalnya, saat ini Alwi Farhan sudah berusia 18 tahun, sehingga tahun depan sudah tidak bisa lagi mengikuti Kejuaraan Dunia Junior.

Dalam sebuah potret yang beredar di media sosial, nampak Alwi Farhan menampilkan ekspresi merengut kecewa, padahal ia sedang berada di podium Piala Suhandinata 2023.

Baca Juga

1. Fans Besarkan Hati Alwi Farhan

Skuat Bulutangkis Indonesia di podium Piala Suhandinata 2023 (Foto: PBSI)

Lewat unggahan akun Facebook Badminton Wonder Fans, banyak yang bersimpati kepada Alwi Farhan sebagai kapten tim, sebab hanya dia satu-satunya yang bisa meraih poin atas China.

"Muka Alwi keliatan gak senang, Muti keliatan menyesal. Sedangkan MD tersenyum dengan bangganya," ungkap pemilik akun Andrey Pra** di kolom komentar Badminton Wonder Fans.

Baca Juga

"Ekspresi Alwi seakan kecewa banget dengan hasil ini. Semoga gold di individual nanti," timpal pemilik akun Facebook Julian Ag**.

"Sungguh sayang, Alwi bisa sumbang poin, eh temen-temennya keok semua," balasan dari akun Emeraldy**.

"Raut muka Alwi menyimpan kekecewaan yang amat dalam. Dalam diri dia itu selalu haus juara, selalu ingin menang dan selalu ingin juara. Mental jagoan nih Alwi," balas Dzaka**.

Alwi Farhan memang berhasil menaklukkan Hu Zhe An dan membalas kekalahan di Kejuaraan Asian Junior lalu, tetapi ia juga menyadari masih ada banyak evaluasi.

Baca Juga

"Alhamdulillah bisa menang. Kunci kemenangan, saya cuma tampil lebih berani di bagian setengah ke depan, dan terus mengontrol permainan," tutur Alwi.

"Cuma tadi saat sudah unggul beberapa poin di game kedua, saya malah gagal selesaikan pertandingan," sebut pebulu tangkis berusia 18 tahun tersebut.

"Masih banyak evaluasi untuk saya sendiri. Saya berharap, saat sudah unggul saya harus bisa mengontrol diri saya sendiri," lanjut Alwi.

Selanjutnya, Alwi Farhan dkk akan melakoni pertandingan di nomor individual Kejuaraan Dunia Junior 2023. Ia berharap bisa meraih hasil yang lebih baik dan naik podium juara.

Baca Juga
BulutangkisBerita BulutangkisSuhandinata CupPiala SuhandinataAlwi Farhan

Berita Terkini