x

WR 1 dan Unggulan Pertama Fajar/Rian Tersingkir Dini dari Asian Games Usai Digebuk Lee/Wang 2 Set

Kamis, 5 Oktober 2023 10:19 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Ganda putra ranking 1 dunia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, tersingkir dari cabor bulutangkis Asian Games 2022 usai dilumat Liang Yang/Wang Chi-lin. (Foto: PBSI)

FOOTBALL265.COM - Ganda putra ranking 1 dunia dari Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, tersingkir dramatis dari cabor bulutangkis Asian Games 2022 usai dilumat Liang Yang/Wang Chi-lin.

Fajar/Rian harus mengakui keunggulan pasangan Chinese Taipei tersebut dalam duel dua set saja yang berakhir skor 19-21, 18-21 di babak perempat final, Kamis (05/10/23).

Baca Juga

Bertanding di Binjiang Gymnasium, Hangzhou, Fajar/Rian dan Lee Yang/Wang Chi-lin terlibat persaingan sengit dalam perolehan skor. Beberapa kedudukan berimbang hingga 8-8.

Namun Lee Yang/Wang Chi-lin terus menekan terus hingga membuat pasangan WR1 tersebut beberapa melakukan kesalahan dan tertinggal di interval 10-11.

Usai jeda, Fajar/Rian berusaha mengejar satu demi satu poin meski terus tertinggal oleh Lee Yang/Wang Chi-lin. Frustasi terlihat dari raut wajar Fajar/Rian meski sempat menyamakan skor 16-16 dan 18-18.

Masuk game point, Fajar/Rian gagal meladeni adu drive Lee/Wang yang membuat mereka harus takluk di set pertama dengan skor ketat 19-21.

Baca Juga

Di set kedua, Fajar/Rian mencoba mengambil kendali permainan. Beberapa angka mampu diserobot hingga unggul 10-8 jelang interval.

Namun Lee Yang/Wang Chi-lin lagi-lagi mampu bangkit untuk meraih tiga poin beruntun untuk mengamankan keunggulan 10-11.

Perolehan skor berlangsung ketat, beberapa kali Fajar/Rian mampu mengejar ketertinggalan beberapa kali hingga kedudukan sama 18-18.

Namun mereka kehilangan momentum untuk merebut set kedua karena Lee/Wang terus menekan mereka. Alhasil, mereka pun kalah dramatis 18-21.

Baca Juga

1. Fajar/Rian Tersingkir dari Asian Games 2022

Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di badminton perorangan Asian Games 2022. (Foto: PBSI)

Hasil ini sekaligus memupuskan asa Faja Alfian/Muhammad Rian Ardianto memperbaiki medali perak yang mereka raih pada edisi Asian Games 2018 silam di Jakarta-Palembang.

Kala itu, Fajar Alfian/Rian Ardianto tumbang dari Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dengan skor 13-21, 21-18, 24-22 di partai puncak bulutangkis Asian Games 2018.

Baca Juga

Tentunya bukan hasil yang memuaskan mengingat Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto merupakan ganda putra ranking 1 BWF dan unggulan pertama di Asian Games 2022 kali ini.

Padahal, Fajar/Rian terbilang telah dinaungi keberuntungan berupa bye di babak pertama, sehingga mereka baru menjalani laga pertama di babak 16 besar.

Namun dengan mereka kalah di babak perempat final Asian Games 2022, maka besar kemungkinan status mereka sebagai WR1 di ranking BWF bakal dilengserkan oleh pasangan India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty.

Hal ini dikarenakan Rankireddy/Shetty masih bertahan di babak perempat final dan baru akan menjalani laga mudah melawan Nge Joo Jie/Johann Prajogo.

Baca Juga

Rankireddy/Shetty berpeluang besar memenangkan laga tersebut dan bisa menembus semifinal Asian Games 2022. 

Pencapaian tersebut kemungkinan sudah cukup untuk membawa mereka mengudeta status ranking 1 BWF pekan depan dari Fajar/Rian.

Dengan Fajar/Rian tersingkir, maka harapan Indonesia di cabor bulutangkis Asian Games hanya menyisakan dua wakil, yakni  Anthony Sinisuka Ginting dan Gregoria Mariska.

Tunggal putra Anthony Ginting menjalani ujian berat melawan pahlawan tuan rumah Li Shi Feng. Sementara tunggal putri Gregoria akan berhadapan dengan wakil Aya Ohori  yang sebelumnya berhasil menyingkirkan juara bertahan dari Taipei, Tai Tzu Ying.

Baca Juga
Asian GamesFajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoBulutangkisLee Yang/Wang Chi-Lin

Berita Terkini