x

Breaking! Bali Didapuk Tuan Rumah Kejuaraan Asia Junior 2024

Minggu, 10 Desember 2023 21:03 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Bali resmi didapuk sebagai tuan rumah untuk turnamen bulutangkis Kejuaraan Asia Junior mendatang.

FOOTBALL265.COM – Bali resmi didapuk sebagai tuan rumah untuk turnamen bulutangkis Kejuaraan Asia Junior mendatang.

Kabar tersebut diumumkan oleh akun Badminton Talk di X (Twitter), yang juga dikonfirmasi oleh dewan BWF Bambang Rudyanto.

Baca Juga

Kejuaraan Asia Junior 2024 akan diselenggarakan di Bali pada 28 Juni hingga 7 Juli tahun depan.

Breaking. Bali menjadi tuan rumah Badminton Asia Junior Championships 2024 (28 Juni 0 7 Juli 2024),” tulis Badminton Talk.

Kejuaraan Asia Junior sendiri merupakan turnamen bulutangkis yang diselenggarakan oleh Badminton Asia untuk mencari pemain bulutangkis muda (U-19) terbaik di Asia.

Ajang ini pertama kali diselenggarakan pada 1997 silam di Manila sampai terakhir 2019, kecuali 2003 dan 2020 karena tidak diselenggarakan karena suatu alasan.

Baca Juga

Edisi 2023 menandai Kejuaraan Asia Junior kembali diselenggarakan untuk pertama kalinya setelah hiatus selama 3 tahun karena pandemic COVID-19.

Selain itu, ini menjadi kedua kalinya Bali menjadi tuan rumah turnamen bulutangkis level internasional setelah 2021 silam.

Pada 2021, Bali menyelenggarakan tiga turnamen bergengsi bertajuk Badminton Festival  yakni Indonesia Masters, Indonesia Open dan BWF World Tour Finals.

Namun demikian, Bambang Rudyanto menegaskan venue Kejuaraan Asia Junior tidak digelar di venue yang sama dengan Badminton Festival yakni di Bali International Convention Centre (BICC) di Nusa Dua, Bali.

Baca Juga

1. Sejarah Indonesia di Kejuaraan Asia Junior

Tunggal putri Indonesia Mutiara Ayu Puspitasari berhasil menjadi juara di sektor tunggal putri Badminton Asia Junior Championships (AJC) 2023 di Among Rogo Sports Hall, Yogyakarta, Minggu (16/07/23). (Foto: PBSI)

Digelarnya Kejuaraan Asia Junior 2023 di Bali pun mendapatkan sambutan positif dari para Badminton Lovers.

Pasalnya, kesempatan ini memberikan keuntungan tersendiri untuk para pebulutangkis Indonesia meraih gelar juara di negeri sendiri.

Baca Juga

Pada edisi terakhir di Yogyakarta, Indonesia hanya mampu mengamankan 1 gelar juara lewat tunggal putri Mutiara Ayu Puspitasari.

Kala itu, keberhasilan Mutiara Ayu Puspitasari sampai membuat legenda bulutangkis Susy Susanti berkomentar melalui kolom komentar PBSI.

Susy Susanti melalui kolom komentar Instagram PBSI, menyematkan kata-kata selamat dan emoticon ‘tos’ untuk Mutiara Ayu Puspitasari.

“Selamat Mutiara Ayu Puspitasari,” tulis Susy Susanti.

Mutiara Ayu Puspitasari yang disentil peraih emas Olimpiade Barcelona 1992 itu langsung memberikan balasan, “makasih banyak cii.”

Baca Juga

Ada pun pada edisi Kejuaraan Asia Junior 2019 yang digelar di Thailand, Indonesia berhasil membawa pulang dua gelar juara dari sektor ganda putra dan ganda campuran.

Dua gelar tersebut dimenangkan oleh Leo Rolly Carnando yang menggandeng Daniel Marthin (ganda putra) dan Indah Cahya Sari Jamil (ganda campuran).

Total dalam sejarah turnamen, Indonesia sudah memenangkan 16 medali emas (gelar juara), 13 medali perak dan 58 medali perunggu.

Indonesia berada di peringkat ketiga pada klasemen negara peraih medali, di belakang China (87 medali emas), dan Korea Selatan (19 medali emas).

Baca Juga
BulutangkisKejuaraan Asia JuniorBadminton Asia Junior

Berita Terkini