x

Kalah dari Kang/Seo, Fajar/Alfian Tetap ke Semifinal World Tour Finals 2023

Jumat, 15 Desember 2023 13:03 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor:
Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di laga French Open 2023. (Foto: PBSI)

FOOTBALL265.COM - Pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto gagal memetik kemenangan di laga terakhir fase grup BWF World Tour Finals 2023, Jumat (15/12/23).

Ajang bulutangkis BWF World Tour Finals 2023 memasuki hari ketiga. Pada hari ini, digelar pertandingan pamungkas fase grup di Hangzhou Olympic Sports Centre Gymnasium.

Baca Juga

Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, menjadi salah satu wakil Indonesia yang bertanding pada hari ini. Turun di partai ke-4 Lapangan 2, Fajar/Rian berhadapan dengan wakil Korea Selatan, Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae.

Sebagai informasi, Kang/Seo merupakan pasangan yang kerap kali menyulitkan Fajar/Rian. Dalam 6 pertemuan, masing-masing pasangan sama-sama mengemas 3 kemenangan.

Kali ini, Kang/Seo berhasil mengungguli Fajar/Rian dalam rekor pertemuan. Duo FajRi, sapaan Fajar/Rian, ditaklukkan dengan skor  22-20, 17-21, 21-12 dalam 61 menit.

Meski kalah, Fajar/Rian tetap lolos ke babak semifinal BWF World Tour Finals 2023 usai mengukir rekor sempurna di dua laga awal. Sebelumnya, FajRi membukukan 2 kemenangan dalam 2 pertandingan, tanpa kehilangan satu gim pun.

Baca Juga

Fajar/Rian mengawali gim pertama dengan cukup baik dan terus memimpin perolehan angka hingga skor 9-7. Namun, setelah itu, Kang/Seo mulai menunjukkan tajinya dan memberikan perlawanan sengit.

Puncaknya adalah saat wakil Korea Selatan tersebut berhasil membalikkan ketertinggalan 16-20 menjadi kemenangan 22-20, sekaligus merebut gim pertama.

Fajar/Rian kembali menemukan permainan terbaik mereka di gim kedua. Mereka berhasil memaksakan rubber game usai menuntaskan gim kedua dengan skor 21-17.

Sayang, Fajar/Rian tak berkutik di gim penentuan. Kang/Seo bahkan sempat mengemas 10 angka beruntun sebelum akhirnya memastikan kemenangan dengan skor 21-12.

Baca Juga

1. Wakil Indonesia Pertama di Semifinal World Tour Finals 2023

Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di laga French Open 2023. (Foto: PBSI)

Sebelumnya, Fajar/Rian telah dipastikan menjadi wakil Indonesia pertama yang mengamankan tiket semifinal BWF World Tour Finals 2023.

Kepastian tersebut didapat setelah Fajar/Rian sukses membungkam pasangan Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen di pertandingan kedua fase grup, Kamis (14/12/23).

Baca Juga

Bertanding di Hangzhou Olympic Sports Centre Gymnasium, Fajar/Rian sukses memenangkan laga tersebut dua set langsung dengan skor 21-12, 21-18  selama 44 menit.

Sebagai informasi, BWF World Tour Finals 2023 merupakan pertemuan keenam bagi Fajar/Rian melawan Astrup/Rasmussen.

Dari lima pertemuan sebelumnya, Fajar/Rian baru mencatat satu kemenangan yang mana ini terjadi  di ajang Indonesia Masters 2020 silam.

Kemenangan di Hangzhou ini sekaligus memastikan Fajar/Rian mengakhiri kekalahan tiga kali beruntun dari Astrup/Rasmussen sebelumnya.

Baca Juga

Fajar/Rian sendiri tampil begitu on fire sejak awal set pertama. Mereka tak terpengaruh oleh rekor head to head yang masih kalah unggul dari wakil Denmark tersebut.

Fajar terlihat menguasai area depan dengan cegatan-cegatan yang cepat. Sementar Rian begitu taktis di belakang. Rotasi mereka juga berjalan sangat baik.

Permainan luar biasa pun berlanjut di gim kedua. Meski Fajar/Rian sempat lakukan beberapa kesalahan pasca interval, namun mereka bisa menjaga dominasi hingga akhir.

Kemenangan ini membuat Fajar/Rian mencatat skor 4-0 dari dua pertandingan yang sudah dijalani di fase grup sekaligus mengamankan tiket ke semifinal BWF World Tour Finals.

Baca Juga
Fajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoFajar AlfianBWF World Tour FinalsBulutangkisBerita BulutangkisMuhammad Rian ArdiantoHasil Bulutangkis

Berita Terkini