Eks Pelatih Persija Anggap Sinyo Sosok Cerdas

Jumat, 20 November 2015 12:31 WIB
Penulis: Devi Novitasari | Editor: Galih Prasetyo
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Mantan pemain nasional dan pelatih Persija Jakarta tahun 70'an, Sugih Hendarto melayat kerabatnya Sinyo Aliandoe di rumah duka st Caroules, Kamis (19/11/15). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Mantan pemain nasional dan pelatih Persija Jakarta tahun 70'an, Sugih Hendarto melayat kerabatnya Sinyo Aliandoe di rumah duka st Caroules, Kamis (19/11/15).

Salah seorang mantan pemain dan pelatih timnas Indonesia, Sebastian Sinyo Aliandoe telah menutup usianya. Duka melanda pelaku sepakbola Indonesia karena telah kehilangan salah satu pemain dan pelatih terbaik Indonesia. 

Sosok cerdas dari beliau menjadi salah satu yang paling dikenang oleh rekannya, Sugih Hendarto,

"Aliando sama saya pelatih senior. Cuma dia lebih dulu ikut penataran FIFA. Waktu itu dia nomor satu lantaran dia bisa bahasa Inggris, yang pasti dia mengerti soal bola," kenang mantan pelatih Persija era 80-an, Sugih Hendarto kepada rekan media termasuk INDOSPORT.

Meski tak pernah bermain bersama Sinyo Aliando, pria yang biasa disapa Om Hen ini sangat memuji kecerdasan sosok almarhum. Mereka seringkali mengobrol sewaktu masih penataran dulu.

"Dia itu sosok yang cerdas, dulu dia dikirim ke Brazil untuk penataran sewaktu  bekerja bersama Benniardi. Aliando levelnya lebih tinggi dari saya, dia pegang nasional, saya cuma di Persija," puji Om Hen.

Lelaki berumur 81 tahun itu masih mengingat betul masa-masa kejayaan sosok Sinyo Aliando. 

22