Piala AFF U-19 2016

(VIDEO) Sempat Tertinggal, Garuda Muda Susah Payah Tundukan Kamboja

Selasa, 20 September 2016 22:31 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Rizky Pratama Putra
© pssi.org
Timnas Indonesia U-19. Copyright: © pssi.org
Timnas Indonesia U-19.

Babak Pertama

Timnas Indonesia berinisiatif menggempur lini pertahanan Kamboja begitu peluit panjang dimulai. Sejumlah serangan-serangan kecil mulai dilancarkan untuk mencari tempo permainan.

Akan tetapi Kamboja terlebih dahulu membuka keunggulan usai pemain lawan, Sodavid berhasil menceploskan si kulit bundar ke gawang Indonesia melalui tendangan bebas. Selepas gol tersebut kedua tim masih tetap berusaha mencari pola permainan terbaik.

Usaha Garuda Muda baru membuahkan hasil di menit ke-30 melalui aksi Muhammad Rafli yang bebas dari kawalan pemain belakang Kamboja dan sukses menyundul bola sepak pojok yang kemudian tak mampu ditahan penjaga gawang lawan, Sokundara.

Selang dua menit kemudian tepatnya menit ke-32, Indonesia mampu menambah pundi-pundi gol. Kali ini Saddil Ramdani yang menerima umpan dari sisi kanan lawan, mampu meneruskannya dengan sepakan terarah ke pojok kiri gawang Kamboja sekaligus membalikan kedudukan menjadi 2-1. Hasil ini pun bertahan hingga babak pertama selesai.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Timnas Indonesia langsung tancap gas sejak peluit dibunyikan. Alhasil Saddil Ramdani kembali membuat skuad Merah Putih menjauh dengan keunggulan 3-1 berkat golnya di menit ke-57.

Pertahanan Indonesia yang lemah kembali mampu dimanfaatkan para pemain Kamboja untuk kembali perkecil kedudukan menjadi 3-2. Kemelut di depan gawang tim Merah Putih bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Yue Safy.

Bahkan tak lama berselang timnas Kemaboja kembali berhasil menyarangkan bola ke gawang Indonesia melalui tendangan penalti dari Long Phearath, sekaligus menyamakan kedudukan menjadi 3-3.

Perjuangan keras skuad Garuda Muda akhirnya terbayar lunas setelah Saddil Ramdani mencetak hattrick di menit ke-90. Gol di menit-menit akhir itu sekaligus memastikan kemenangan pasukan Eduard Tjong dengan skor 4-3.

Meski menang, Timnas U-19 tetap tidak bisa melangkah ke babak semifinal, lantaran hanya menempati peringkat 4 klasemen akhir grup B. Tim asuhan Eduard Tjong tertinggal 6 angka dari Australia yang berada di posisi kedua.

Susunan Pemain :

Indonesia: Raharjo; Satriya, Adi Nugroho (C ), Saepuloh, Habibi; Lestaluhu, Wardana, Mangkualam Bahar; Slamat, Ramdani, Rafli.

Kamboja: Sokundara; Sen, Saffy, Baraing, Vahed ( C ); Noeut, Ravan, Sodavid; Meng, Chanpolin, Porwuthy.

1.5K