Tentang Cinta dan Loyalitas (Alm) Ambon; Bertaruh Nyawa dan Air Mata Demi Asa Persija Juara

Sabtu, 12 November 2016 12:44 WIB
Penulis: May Rahmadi | Editor: Galih Prasetyo
 Copyright:

Nilam dan Ambon adalah pasangan Jakmania dari Kalimalang. Keduanya saling menjalin kasih sejak tiga setengah tahun lalu. Mereka berencana menikah tahun depan.

Selama berpacaran, mereka aktif mengikuti kegiatan-kegiatan Jakmania dan Persija Jakarta, khususnya di Kalimalang, dan selalu bersama-sama menggunakan atribut Persija, serta menyanyikan yel-yel dukungan saat Macan Kemayoran bertanding. 

Namun semua itu tinggal kenangan kala Persija jumpa Persib di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (05/11/16) lalu. Ada hal janggal yang dirasakan oleh Nilam kala itu, 

"Biasanya kita kalau tour selalu berdua," kata perempuan asal Jogja itu.

Malang tak bisa ditolak untung tak bisa diraih, rasa janggal dialami Nilam sebelum Ambon dan rombongan Jakmania berangkat ke Solo berakhir pedih. 

Pecah bentrok kala rombongan Jakmania pulang ke Jakarta pada Minggu (06/11/16). Ambon jadi korban tewas. Darah dan air mata kembali tumpah di sepakbola. 

Kisah Nilam dan Ambon, dua sejoli yang memadu kasih di suasana sepakbola nasional yang tak terurus dengan benar harus terbayar dengan rasa sakit dan pedih yang sulit terlupa. Namun, kenangan dan semangat Ambon akan terus hidup bagi Nilam dan seluruh Jakmania. 

Semoga semua ini jadi darah dan air mata terakhir yang jatuh di sepakbola nasional. 

1.3K