Diminati Liga Super China, Ini Jawaban Mark Clattenburg

Jumat, 30 Desember 2016 20:27 WIB
Editor: Tengku Sufiyanto
 Copyright:

Sepakbola China tengah menggeliat dan berkembang. Sejumlah klub Negeri Tirai Bambu yang bermain di Liga Super China mendatangkan sejumlah pemain kelas dunia macam Oscar (Shanghai SIPG) dan Carlos Tevez (Shanghai Shenhua).

Tak hanya itu, beberapa klub Liga Super China juga mendatangkan pelatih kelas dunia pada musim lalu. Sebut saja Andres Villas Boas yang melatih Shanghai SIPG, dan Fellipe Scolari sebagai juru racik formasi Guangzhou Evergrande Football Club.

Belum lagi beberapa nama-nama beken di sepakbola yang sudah berkiprah di Liga Super China, seperti Ramires, Hulk, hingga mantan pemain Chelsea, Oscar.

Kini, operator Liga Super China berniat memboyong wasit terbaik dunia asal Inggris, Mark Clattenburg. Pria berumur 41 tahun itu ingin diboyong untuk mempopulerkan dan mengembangkan sepakbola Negeri Tirai Bambu.
 


Mark Clattenburg diminati operator Liga Super China untuk memimpin pertandingan-pertandingan di kompetisi tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Clattenburg menyatakan minatnya untuk memimpin pertandingan-pertandingan Liga Super China. Namun, hal tiu baru akan dilakukannya usai kontraknya di Liga Primer Inggris dan UEFA berakhir.

"China sedang mengembangkan sepakbola mereka. Saya lihat itu dari sejumlah perekrutan pemain beken yang dilakukan klub-klub China," ungkap Clattenburg dikutip dari squawka.com

"Jika ada kesempatan, saya akan memenuhi panggilan Liga Super China. Tapi, hal itu mungkin di masa depan. Saat ini, saya masih menjadi wasit Liga Primer Inggris dan UEFA. Saya masih menikmatinya," tambahnya.

Clattenburg memberikan contoh Howard Webb sebagai wasit yang memberikan kontibusi untuk mengembangkan sepakbola sebuah negara.

"Saya mungkin akan seperti Howard Webb di masa depan. Dia kini membantu Arab Saudi dalam pengembangan sepakbola di sana dengan bertindak sebagai wasit. Mungkin saya akan lakukan itu di China pada masa depan nanti," tutup Clattenburg.

1.3K