Liga 1 Indonesia

Soon-hak: Tanpa Pendukung, Sepakbola Itu Sampah

Kamis, 8 Juni 2017 03:37 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Rizky Pratama Putra
© pictastar.com
Hong Soon-Hak (PS TNI) memuji pendukung Indonesia. Copyright: © pictastar.com
Hong Soon-Hak (PS TNI) memuji pendukung Indonesia.

Hong Soon-hak sedikit bernostalgia jelang bertemu mantan timnya, Persija Jakarta. Gelandang asal Korea Selatan tersebut pernah berkostum Macan Kemayoran pada kompetisi Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 musim lalu.

Pesepakbola berusia 36 tahun tersebut menyebut kedatangannya ke Indonesia pada tahun lalu karena suatu hal. Bermain di hadapan puluhan ribu penggemar menjadi motivasi utama Soon-hak melanjutkan karier sepakbolanya di Tanah Air.

© indonesiansc
Gelandang Persija Jakarta, Hong Soon-Hak. Copyright: indonesianscAksi Hong Soon-hak saat masih membela Persija Jakarta.

Kini, Soon-hHak berstatus sebagai pemain PS TNI. Meski penonton yang hadir di setiap laga kandang The Army tidak sebanyak Persija, Soon-hak mengaku ogah kecewa.

“Saya datang ke sini karena tertarik bermain di hadapan puluhan ribu suporter. Itu yang saya rasakan musim lalu. Sepakbola tanpa penonton itu sangat kurang gereget. Tapi saat ini, saya bermain untuk PS TNI. Pendukungnya memang banyak, tapi saya tak merasa kesepian,” ujar Soon-hak kepada wartawan.

Baca Juga:

“Tidak ada sepakbola kalau tidak ada penonton. Punya banyak uang tapi stadion sedikit yang hadir? Percuma. Lebih baik tidak punya banyak uang tapi stadion penuh. Saya harap pertandingan penuh,” tambahnya.

Soon-hak bakal bersua dengan eks rekan-rekannya itu kala PS TNI menjamu Persija pada Kamis, (08/06/17) di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor. Mantan pemain Suwon Samsung Bluewings tersebut mengaku tidak sabar tampil di hadapan pendukung Macan Kemayoran, Jakmania.

© Twitter/@Liga1Match
PS TNI vs Persiba Balikpapan Copyright: Twitter/@Liga1MatchHong Soon-hak (kiri) kini membela PS TNI di Liga 1.

“Saya sangat semangat dengan pertandingan nanti. Apalagi, saya bakal bertemu kembali dengan Jakmania,” tutur Soon-hak.

Start kurang oke Persija di awal musim tak membuat Soon-hak menganggap remeh. Gelandang pengangkut air itu menganggap Macan Kemayoran tetap berbahaya.  

“Mereka masih belum mainkan satu laga yang tertunda melawan Perseru. Pada pertandingan terakhir juga menang lawan Arema FC. Mungkin itu akan menambah kepercayaan diri mereka. Apalagi Persija di musim lalu berbeda dengan saat ini,” tandas Soon-hak.