SEA Games 2017

Begini Cara Evan Dimas Bakar Motivasi Skuat Timnas U-22 Lawan Thailand

Selasa, 8 Agustus 2017 16:57 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Joko Sedayu
© Media Bhayangkara FC
Evan Dimas jalani latihan bersama Timnas Indonesia jelang SEA Games 2017. Copyright: © Media Bhayangkara FC
Evan Dimas jalani latihan bersama Timnas Indonesia jelang SEA Games 2017.

Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-22 akan memainkan laga perdana SEA Games 2017 melawan juara bertahan Thailand pada 15 Agustus nanti. Karenanya jenderal lini tengah Timnas U-22, Evan Dimas kemudian mengingatkan rekan-rekannya sekaligus membakar semangat mereka agar tidak pantang menyerah.

© Media Bhayangkara FC
Evan Dimas tengah berbincang dengan rekan satu timnya. Copyright: Media Bhayangkara FCEvan Dimas tengah berbincang dengan rekan satu timnya.

Evan Dimas menegaskan kalau Thailand memang perku diwaspadai tetapi juga tidak boleh terlalu takut. Pemain Bhayangkara FC itu yakin dengan kualitas yang dimiliki oleh semua pemain yang ada di Timnas U-22 saat ini. Menurutnya berpikir Thailand lebih kuat itu sama artinya dengan kalah sebelum bertanding.

"Menurut saya pribadi kita memang harus waspadai mereka (Thailand), tetapi jangan terlalu takut menghadapinya. Karena kita punya kemampuan dan skill yang bagus," ujarnya usai latihan pagi tadi, Selasa (08/08/17) di Lapangan Sekolah Pelita Harapan (SPH), Karawaci, Tangerang.

"Kalau kita mikir Thailand lebih kuat dari kita, itu artinya kita kalah sebelum tanding," sambung Evan Dimas.

Di sisi lain, asisten pelatih Timnas U-22, Bima Sakti juga menyatakan Thailand adalah tim yang kuat. Skuat negara Gajah Putih memang kerap merepotkan tim Garuda Muda baik di level senior maupun junior. Karenanya, mantan pemain Persiba Balikpapan itu meminta anak asuhnya bisa belajar dari hasil imbang 0-0 saat kualifikasi Piala Asia U-23 Juli lalu.

"Thailand merupakan tim bagus dan selalu bekerja keras serta fight saat melawan Indonesia. Kalau melihat laga terakhir di kualifikasi Piala Asia U-23 kemarin, ada banyak pelajaran yang bisa kita ambil," tutup Bima Sakti.

© Herry Ibrahim/Football265.com
Timnas U-22 Jelang SEA Games 2017 Copyright: Herry Ibrahim/Football265.comTimnas U-22 Jelang SEA Games 2017.

Usai melawan Thailand di laga perdana, Timnas U-22 akan meladeni permainan Filipina pada 17 Agustus. Selanjutnya giliran Timor Lester (20 Agustus), Vietnam (22 Agustus) dan terakhir Kamboja pada 24 Agustus. Pada edisi SEA Games kali ini, PSSI kemudian memberikan target medali emas ke Timnas U-22.

Jika mampu mencapai target makan cabang sepakbola akan menambah koleksi medali, pasalnya Indonesia sudah dua kali meraih medali emas SEA Games yakni pada 1987 dan 1991. Selain itu, Timnas Indonesia U-22 juga berhasil menyabet empat medali perak dan tiga perunggu pada ajang SEA Games.