Liga 1 Gojek Traveloka

Persija Ketagihan Dipimpin Wasit Asing

Minggu, 13 Agustus 2017 16:20 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Galih Prasetyo
© Herry Ibrahim/Football265.com
Duel udara pemain Persija dengan pemain Persiba. Copyright: © Herry Ibrahim/Football265.com
Duel udara pemain Persija dengan pemain Persiba.

Tiga wasit asal Kyrgistan memimpin pertandingan antara Persija melawan Persiba, Sabtu, (12/08/17) di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi. Mereka adalah Rysbek Shekerbekov sebagai wasit utama, Eldiliar Salybaev dan Artem Skopintsev (asisten wasit).

© Herry Ibrahim/Football265.com
Selebrasi para pemain Persija Jakarta atas gol kedua yang dicetak Reinaldo Elias da Costa. Copyright: Herry Ibrahim/Football265.comSelebrasi para pemain Persija Jakarta atas gol kedua yang dicetak Reinaldo Elias da Costa.

Pertandingan tersebut berkesudahan 2-0 untuk kemenangan Macan Kemayoran, julukan Persija. Pada laga itu pula, Persija mendapatkan hadiah tendangan penalti dari wasit Shekerbekov di menit ke-59.

Pihak Macan Kemayoran merasa wasit telah memimpin pertandingan dengan baik. Dibuktikan dengan sedikitnya protes yang diajukan oleh kedua tim.  

© PSSI
Para wasit asing asal Australia yang akan memimpin Liga 1. Copyright: PSSIPara wasit asing asal Australia yang akan memimpin Liga 1.

“Tidak ada yang sempurna. Kita bisa lihat, pertandingan tadi, pemain tidak berlebihan, protes tidak ada, sikap juga, nurut semua,” ujar asisten manajer Persija, Ardhi Tjahjoko kepada wartawan.

Ardhi menuturkan, contoh paling layak untuk menilai wasit asing adalah pada partai Persib Bandung versus PS TNI. Kala itu, pertandingan tersebut dipimpin oleh wasit asal Australia.

“Kaya waktu itu pertandingan Persib vs PS TNI yang dipimpin wasit asing. Jadi saya pikir ini bagus. Bukannya wasit kita jelek. Paling tidak, bisa transfer ilmu,” ungkap pria berpangkat kolonel Angkatan Udara (AU) itu.

Ardhi berharap, pertandingan selanjutnya tetap menggunakan wasit asing. Laga terdekat Persija adalah melawan PSM Makassar di Stadion Patriot Candrabhaga, Selasa, (15/08/17). “Mudah-mudahan lawan PSM dipimpin oleh wasit asing,” tutupnya.

1K