Piala AFF U-18 2017

Garuda Nusantara Tertinggal Satu Gol dari Tuan Rumah di Babak Pertama

Selasa, 5 September 2017 19:25 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Prima Pribadi/INDOSPORT
Skuat Timnas Indonesia U-19. Copyright: © Prima Pribadi/INDOSPORT
Skuat Timnas Indonesia U-19.

Timnas Indonesia U-19 langsung mengambil inisiatif menyerang di menit-menit awal pertandingan menghadapi Myanmar. Penetrasi yang  coba  dilakukan Firza Andika di kotak penalti memaksa pemain Myanmar melakukan tackle di menit ke-2, namun sayang wasit tak melihatnya sebagai pelanggaran untuk Indonesia.

Timnas U-19 tampil cukup meyakinkan, silih berganti percobaan serangan dilakukan melalui lini tengah. Egy Maulana Vikri dan Saddil Ramdani beberapa kali melakukan aksi individual hingga tembakan langsung untuk menjebol gawang tuan rumah.

Myanmar tak tinggal diam dan mulai mencoba keluar untuk melakukan serangan kepada Indonesia. Di menit ke-15, pemain Myanmar melepaskan tendangan ke arah koak penalti. Beruntung tendangannya melenceng dari arah gawang Muhammad Riyandi.

Asyik membangun serangan, Timnas Indonesia malah kebobolan terlebih dahulu di menit ke-28 melalui Myat Kaung. Lengahnya pertahanan Indonesia dimanfaatkan betul oleh Myat Kaung yang dengan mudah menceploskan bola ke gawang Muhammad Riyandi usai menerima umpan mendatar dari rekannya di dalam kotak penalti.

Tertinggal satu gol, Indonesia kembali menguasai permainan, namun sayang armada Indra Sjafri justru terlihat kewalahan saat Myanmar melakukan serangan balik. Meski menyerang, namun Indonesia belum mampu menyamakan kedudukan.

Peluang justru didapatkan Myanmar di penghujung babak pertama. Pyae kembali nyaris mengancam gawang Indonesia di menit ke-41, beruntung masih bisa diselamatkan kiper Muhammad Riyandi. Jelang berakhirnya babak pertama, pemain Indonesia justru banyak melakukan pelanggaran. Egy Mulana Vikri diganjar kartu kining oleh wasit.

Hingga wasit meniup peluit panjang di akhir paruh pertama, kedudukan tak berubah, Myanmar unggul 1-0 atas Timnas Indonesia U-19.

1.1K