Jelang Lawan Myanmar, Kiper Timnas Indonesia U-19 Disandingkan dengan Manuel Neuer

Selasa, 5 September 2017 14:20 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Yohanes Ishak
 Copyright:

Salah satu pemain di skuat berjuluk Garuda Nusantara itu bahkan mendapat pujian dan disandingkan dengan pemain dunia.

Sosok penjaga gawang Timnas Indonesia U-19, yakni Muhammad Riyandi, disandingkan dengan kiper milik Bayern Munchen, Manuel Neuer. Media Vietnam VFF.org, menilai kiper 17 tahun tersebut memiliki potensi besar dan bakal bersinar sebagai bintang.

Riyandi dianggap sebagai wajah penjaga gawang masa kini yang disamping reflek cepat dari tangan, namun juga memiliki kaki yang kuat. Penjaga gawang asal klub Barito Putera itu juga tak takut mengambil risiko keluar dari area penalti untuk menghentikan bola.

© Prima Pribadi/INDOSPORT
Skuat Timnas Indonesia U-19 saat menghadapi PSS Sleman. Copyright: Prima Pribadi/INDOSPORTSkuat Timnas Indonesia U-19.

Kemampuan Muhammad Riyandi itulah yang disejajarkan dengan kiper Bayern Munchen, Manuel Neuer. Ia juga dianggap memiliki teknik mengendalikan bola serta mengatur dan memanipulasi bola dengan kaki yang terampil.

Tak mengejutkan jika Riyandi memiliki kemampuan yang disejajarkan dengan Neuer. Dalam salah satu kesempatan, kiper kelahiran Bogor, Jawa Barat, itu menyebut jika penjaga gawang Jerman merupakan idolanya.

"Awalnya saya tidak bisa bermain bagus dengan kaki saya, tapi pelatih saya Indra Sjafri ingin tim mulai menyerang dari kiper. Saya sudah berlatih keras untuk hal itu, " ujar Riyandi.

© Chris Brunskill Ltd/Getty Images
Manuel Neuer saat memberika instruksi pada laga saat melawan Real Madrid. Copyright: Chris Brunskill Ltd/Getty ImagesManuel Neuer saat memberika instruksi pada laga saat melawan Real Madrid.

 "Yang terpenting, saya ingin mengikuti kiper Eropa modern, pemain terampil, seperti Neuer idola saya,” tambahnya.

4.5K