Tampil Prima, Ini Rahasia yang Digunakan Rifad di Timnas U-19

Senin, 11 September 2017 10:37 WIB
Penulis: Fitriawan Nur Indrianto | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Bolamadura
Rifad Marasabessy (kanan) dengan baju Timnas Indonesia U-19. Copyright: © Bolamadura
Rifad Marasabessy (kanan) dengan baju Timnas Indonesia U-19.

Timnas Indonesia U-19 tampil ciamik dalam dua laga yang mereka jalani pada Kejuaraan Piala AFF U-18. Egy Maulana dkk berhasil memetik dua kemenangan penting, yakni 2-1 atas tuan rumah Myanmar dan membantai Filipina dengan skor 9-0.

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Timnas U-19. Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTTimnas U-19 yang berlaga di AFF U-18.

Anak-anak muda ini tampil begitu perkasa. Di balik itu semua, ada kisah dari salah seorang penggawa Garuda Nusantara yang membuatnya tampil dengan sangat baik.

Adalah Rifad Marasabessy, bek sayap kanan Timnas U-19 ini memiliki resep khusus untuk menambah energinya. Pemain kelahiran Ambon, 7 Juli 1999 ini diketahui mengonsumsi cokelat saat menginap di Hotel Olympic, Yangon dan menuturkan bahwa dengan mengonsumsi cokelat ia merasa energinya bertambah.

© PSSI
Rifad Marasabessy (merah) saat memperkuat Timnas Indonesia U-19. Copyright: PSSIRifad Marasabessy (merah) saat memperkuat Timnas Indonesia U-19.

"Saya sangat menyenangi cokelat dan ini sejak saya kecil. Saat di mes atau pemusatan latihan bersama Timnas U-19 di Indonesia saya selalu membeli cokelat di minimarket terdekat. Ini jadi tambahan energi saya,” kata Rifad dikutip dari situs resmi PSSI.

Makanan yang konon berasal dari wilayah Amerika Selatan ini memang memiliki segudang manfaat. Dikutip dari Manfaat.co.id, ada sekitar 22 manfaat dari makanan olahan biji kakao ini antara lain meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi risiko serangan jantung, antidepresan bahkan meningkatkan intelegensia.

Cokelat sendiri merupakan makanan yang boleh dikonsumsi oleh atlet. Tidak ada larangan untuk mengonsumsi makanan yang disukai oleh banyak kalangan tersebut. Dan ternyata, kebiasaan Rifad Marasabessy yang unik itu membuatnya bisa tampil baik ketika bermain sepakbola.

1K