Aroma Donnarumma dan Dudek dalam Diri Kiper Thailand U-19

Sabtu, 16 September 2017 09:16 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

Nama Kantaphat Manpati mencuat di media sosial Twitter, pasca berhasil tampil heroik untuk menghentikan langkah Timnas Indonesia U-19 di babak semifinal Piala AFF U-18 di Myanmar.

Kiper Timnas Thailand U-19 itu berhasil menghentikan berbagai serangan yang dibangun oleh Egy Maulana Vikri dkk dalam 90 menit pertandingan. Dirinya juga mampu menggagalkan tendangan Iqbal, Nurhidayat, dan Rifad, serta menyudahi pertandingan dengan kemenangan 3-2 melalui drama adu penalti.

Tak pelak, aksinya tersebut pun turut menuai sanjungan oleh para masyarakat Thailand. Bahkan, FouFourTwo Thailand pun menyamakan dirinya dengan salah satu kiper legendaris Liverpool, Jerzy Dudek.

Hal tersebut tak lepas dari berbagai aksi yang ia perlihatkan di sepanjang pertandingan. Keberhasilannya dalam mematahkan tendangan tiga penggawa Garuda Nusantara pun diyakini terinspirasi dari final Liga Champions 2005 di Istanbul, yang kala itu dimenangkan oleh Liverpool atas AC Milan melalui drama adu penalti.

Saat itu Dudek berhasil menggagalkan dua tendangan penggawa Milan, yakni Andrea Pirlo dan Andriy Shevchenko. Aksinya tersebut pun membawa The Reds secara dramatis berhasil memenangkan Liga Champions, setelah sebelumnya sempat didominasi oleh Milan dan tertinggal 0-3 di babak pertama.

Begitu pula dengan pertandingan kemarin. Skuat Indra Sjafri di atas kertas terlihat lebih baik, walau secara keseluruhan penguasaan bola dipegang oleh Thailand dengan persentase mencapai 64 persen.

Namun, serangan balik yang diterapkan oleh Timnas U-19 melalui Egy menjadi bukti Indonesia mampu membuat lini pertahanan Gajah Perang ketar-ketir. Sayang, Kantaphat yang juga dikenal mengidolakan Liverpool itu tampil sangat apik dan mampu mematahkan berbagai serangan yang dibangun oleh anak asuh Indra Sjafri.

Uniknya, bila masyarakat Thailand menyebut dirinya mirip dengan Dudek, beda dengan masyarakat Indonesia. Para warganet Indonesia menyebut dirinya sebagai Donnarumma dari Thailand, mengingat umur yang masih muda serta jersey kiper Thailand yang berwarna emas sangat mirip dengan jersey kiper AC Milan musim lalu.

© FA Thailand
Selebrasi Kantaphat Manpati usai menggagalkan peluang Indonesia ke final Piala AFF U-18. Copyright: FA ThailandSelebrasi Kantaphat Manpati usai menggagalkan peluang Indonesia ke final Piala AFF U-18.
© INDOSPORT
Kiper AC Milan, Gianluigi Donnarumma. Copyright: INDOSPORTKiper AC Milan, Gianluigi Donnarumma.
514