Liga Spanyol

Empat Pesepakbola Top yang Pernah Main di Timnas Basque

Rabu, 4 Oktober 2017 14:26 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Tim nasional sepakbola Basque. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Tim nasional sepakbola Basque.

Awal Oktober tahun ini masyarakat Catalan menyelenggarakan referendum kemerdekaan. 90 persen warganya ikut berpartisipasi dalam pemungutan suara tersebut, yang menginginkan 'mandiri' dari pemerintah Spanyol.

Namun tahukah sebenarnya bukan cuma Catalan saja yang menginginkan kemerdekaan dari Spanyol tetapi ada wilayah lain yang juga menginginkan hal yang sama seperti Catalan, yakni Basque.

Pada suatu waktu, tepatnya tahun 2008, masyarakat Basque pernah mengajukan referendum kemerdekaan. Sayang, usaha mereka ditolak oleh otoritas pemerintah Spanyol. Meskipun begitu orang Basque tetap berusaha agar kemerdekaan mereka tetap tercapai, seperti memanfaatkan Revolusi Prancis dan perang karlis untuk mendesak Spanyol.

Dalam urusan sepakbola, Basque (juga Catalan) diberikan hak istimewa oleh Spanyol, seperti diperbolehkan memiliki tim nasional sendiri. Walaupun statusnya tidak diakui oleh FIFA namun Timnas Basque (dan Catalan) kerap mengadakan eksebisi pertandingan persahabatan setahun sekali dengan negara lain.

© Internet
Caption Copyright: InternetFans Barcelona mengibarkan bendera Catalunya.

Tim Nasional Basque sendiri dalam pertandingan terakhirnya pada 30 Desember 2016 berhasil mempecundangi Timnas Tunisia dengan skor 3-1.

Dalam Timnas Basque sendiri terdapat beberapa pesepakbola beken yang pernah membela tanah kelahirannya tersebut. Berikut empat pemain terkenal Timnas Basque yang berhasil INDOSPORT rangkum.

1.4K