Bulgaria 0-1 Prancis: Matuidi Bawa Prancis ke Puncak Grup

Minggu, 8 Oktober 2017 03:40 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT
Selebrasi pemain Timnas Prancis usai Blaise Matuidi mencetak gol. Copyright: © INDOSPORT
Selebrasi pemain Timnas Prancis usai Blaise Matuidi mencetak gol.

Prancis melakoni laga tandang ke Stadion Vasil Levski, Bulgaria, dalam laga lanjutan Grup A kualifikasi Piala Dunia 2018 di Rusia. Bermain di depan ribuan pendukung musuh, anak asuh Didier Deschamps berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 1-0.

Jalannya pertandingan

Pada pertandingan kali ini, Deschamps langsung menurunkan para pemain terbaiknya guna meraih tiga poin penuh di Bulgaria. Hal ini tak lepas dari performa impresif Swedia, yang berada di grup sama, pasca membantai Luksemburg delapan gol tanpa balas. Kemenangan tersebut membuat Swedia berada di posisi pertama Grup A dengan raihan 19 poin.

Prancis yang berada di posisi kedua dengan raihan 17 poin, langsung tancap gas ketika pertandingan babak pertama dimulai. Hal tersebut membuahkan hasil dengan terciptanya gol yang dilesakkan oleh Blaise Matuidi saat pertandingan baru berjalan tiga menit.

Berawal dari serangan di sisi kanan pertahanan Bulgaria, bola yang mengalir deras ke dalam kotak penalti berhasil ditahan oleh Antoine Griezmann. Sayang, bola tersebut terlalu kencang dan memantul jauh dari pemain Atletico Madrid tersebut.

Beruntung, Matuidi yang berada di sekitar berhasil menjangkau bola pantulan tersebut dan langsung melesakkan tendangan langsung. Gol pun tercipta pasca Plamen Iliev gagal mengantisipasinya. 1-0 Prancis unggul.

Unggul satu gol membuat Prancis terus melakukan serangan. Sebaliknya, tuan rumah justru menaruh para pemainnya di lini belakang. Ketatnya lini pertahanan Bulgaria tak mampu ditembus oleh Tim Ayam Jantan di babak pertama kali ini, dan skor 1-0 pun bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Prancis masih mendominasi akan jalannya pertandingan. Tercatat hingga menit ke-70, Prancis berhasil menguasai akan penguasaan bola dengan persentase 53 persen.

Sayang, penguasaan bola tersebut tak mampu menambahkan pundi-pundi gol mereka. Kemenangan 1-0 untuk Prancis pun menutup pertandingan kali ini, dan Prancis berhasil menggeser Swedia di posisi puncak klasemen Grup A dengan raihan 20 poin.

Berikut starting XI kedua tim:

Bulgaria (4-4-1-1): 13-Plamen Iliev; 2-Strahil Popov, 5-Nikolay Bodurov, 15-Vasil Bozhikov, 3-Petar Zanev; 11-Stanislav Manolev, 6-Simeon Slavchev, 7-Georgi Kostadinov, 8-Todor Nedeleve; 9-Spas Delev, 16-Andrey Galabinov.

Prancis (4-3-3): 1-Hugo Lloris; 19-Djibril Sidibe, 4-Raphael Varane, 5-Samuel Umtiti, 17-Lucas Digne; 6-Corentin Tolisso, 13-N’Golo Kante, 14-Blaise Matuidi; 7-Antoine Griezmann, 20-Alexandre Lacazette, 12-Kylian Mbappe.

302