Imbang dengan Persib Bandung, Barito Putera Ciptakan Sejarah

Selasa, 10 Oktober 2017 01:56 WIB
Kontributor: Gita Agiet | Editor: Agus Dwi Witono
© Persija Jakarta
Pelatih Barito Putera, Jacksen F. Tiago. Copyright: © Persija Jakarta
Pelatih Barito Putera, Jacksen F. Tiago.

Barito Putera berhasil sukses menahan imbang Persib Bandung dalam laga lanjutan Gojek Traveloka Liga 1 2017 di Stadion si Jalak Harupat, Senin (09/10/17). Tim berjuluk Laskar Antasari tersebut berhasil membawa pulang satu poin setelah laga berakhir dengan skor 0-0. 

Atas hasil imbang tersebut, Barito pun menciptakan sejarah. Karena selama kurun tiga musim, Barito selalu gagal bila bertandang ke markas Persib Bandung. Namun kali ini, hasil minor tersebut tak lagi didapatkan setelah tim asuhan Jacksen F Tiago tersebut berhasil menahan imbang tuan rumah tanpa gol. 

"Kita tahu sejarah Barito dan Persib Bandung, boleh dikatakan ini hasil yang terbaik yang bisa kita dapat dalam beberapa tahun ke belakang," ujar pelatih Barito Putera, Jacksen F Tiago seusai pertandingan. 

© INDOSPORT/Gita Agiet
Jacksen F Tiago (kiri) saat konferensi pers jelang laga melawan Persib Bandung. Copyright: INDOSPORT/Gita AgietJacksen F Tiago (kiri) saat konferensi pers jelang laga melawan Persib Bandung.

Tidak hanya menciptakan sejarah, hasil imbang tersebut membuat Barito Putera naik peringkat ke posisi 7 dengan raihan 42 poin. Sedangkan Persib turun ke posisi 11 dengan raihan 36 poin. 

Jacksen mengatakan bahwa keberhasilan timnya dalam mencuri poin di kandang Persib salah satunya adalah strategi dalam melakukan pergantian pemain. Tepat di pertengahan babak kedua, ia mencoba memasukkan Paulo Oktavianus Sitanggang dan Jeki Arisandi dengan menarik keluar Gavin Kwan Adsit dan Muhammad Rifqi. 

Hasilnya, para pemain gelandang Persib Bandung seperti Michael Essien, Kim Jeffrey Kurniawan, Dedi Kusnandar, atau Hariono tidak banyak berkutik sehingga banyak melakukan long pass yang tidak efektif. 

"Kalau saya lihat, memang ada kekurangan. Kita tidak mampu menahan bola di kaki. Tapi dari aspek taktis justru masuknya Paulo mempengaruhi cara bermain Persib dengan sangat drastis sekali, itu pendapat saya pribadi," lanjut Jacksen.

© Twitter/Liga 1 Match
Persib Bandung vs Barito Putera berakhir 0-0. Copyright: Twitter/Liga 1 MatchPersib Bandung vs Barito Putera berakhir 0-0.

Meski demikian, Jacksen akan tetap melakukan evaluasi yang cukup mendalam untuk timnya. Agar target untuk berada di lima besar bisa tercapai. 

"Kita bersyukur, tapi kita harus melakukan beberapa evaluasi karena ada beberapa momen yang harusnya kita lebih tenang terutama dalam menit-menit krusial. Tapi pada umumnya saya sangat gembira dengan performa para pemain. Ini sejarah baru yang diciptakan bersama Barito dapat poin di sini," pungkas Jacksen.

164