Adopsi Format Liga Champions, Persebaya Ditantang Juara Liga Timor Leste

Kamis, 26 Oktober 2017 18:56 WIB
Penulis: Juni Adi | Editor: Joko Sedayu
 Copyright:

Klub Liga 2, Persebaya Surabaya mendapat tawaran uji coba dari klub yang menjuarai Liga Timor Leste, Karketu Dili FC. Bahkan tiga orang perwakilan Dili FC secara khusus datang ke Surabaya untuk bertemu dengan manajemen Persebaya beberapa waktu lalu.

Ketiganya adalah Wakil Presiden Bidang Teknik Luis Oliviera, Adison Ribeiro (wakil presiden bidang keuangan), dan Mitu Simoes. Tak hanya sekedar pertandingan biasa, laga ini juga membawa misi untuk mempererat hubungan antar kedua negara bertentangga ini.

"Kami ingin menjalin persaudaraan antara Indonesia dan Timor Leste lewat sepak bola," kata Mitu seperti dikutip dari Jawapos.

Hal ini dilakukan guna mematangkan persiapan Dili FC yang akan mengikuti turnamen antarklub Asia di China pada Desember 2017 mendatang. Selain itu, Mitu juga menyanjung fanatisme dari suporter Persebaya, Bonek. Mereka penasaran dan ingin merasakan bermain di hadapan ribuan Bonek.

"Pemain Persebaya hebat-hebat, bisa menjadi pelajaran berharga untuk tim kami." 

"Persebaya dikenal punya suporter yang fanatik. Luar biasa. Mental pemain kami pasti akan teruji kalau bermain di hadapan puluhan ribu suporter seperti itu,’’ ujarnya.

© Ofisial Persebaya
Petinggi Karketu Dili FC bertemu dengan manajemen Persebaya Copyright: Ofisial PersebayaPetinggi Karketu Dili FC bertemu dengan manajemen Persebaya. (sumber: Jawapos)

Saat ditanya apakah akan menerima tawaran ini, Direktur Tim Persebaya, Candra Wahyudi belum bisa memastikannya.

"Kami masih harus berfokus kepada perjuangan di Liga 2. Apalagi, jadwal babak 8 besar juga belum pasti,’’ imbuh Chandra.

Nantinya jika pertandingan uji coba ini teralisasi, kedua tim akan mengadopsi format dari Liga Champions Eropa, yakni home dan away. Karketu Dili FC bermain di Surabaya, setelah itu giliran Persebaya yang bertandang ke Dili.

607