LIGA 1

Semen Padang 3-1 Perseru Serui: Tiga Poin Penting

Sabtu, 28 Oktober 2017 17:14 WIB
Penulis: Juni Adi | Editor: Agus Dwi Witono
© liga-indonesia.id
Semen Padang vs Perseru Copyright: © liga-indonesia.id
Semen Padang vs Perseru

Partai krusial tersaji di Stadion Agus Salim kala Semen Padang menjamu Perseru Serui dalam laga lanjutan Gojek Traveloka Liga 1, Sabtu (28/10/17). Ini bisa dibilang laga hidup-mati bagi kedua tim. Untuk saling menggeser posisi di klasemen demi terhindar dari zona degradasi.

Babak Pertama

Bermain di depan pendukungnya sendiri, Semen Padang langsung berinisiatif melakukan serangan ke daerah pertahanan Perseru Serui.

Peluang emas didapat oleh tim tamu pada menit ke-14. Menyambut umpan silang, bola sontekan Barrios Bonai di depan gawang masih melambung tinggi.

Pertandingan berjalan alot. Hingga memasuki 30 menit pertama, kedua tim masih berkutat memainkan bola di tengah lapangan. Tak banyak peluang diciptakan ke gawang masing-masing lawan.

Lagi-lagi peluang emas kembali diciptakan oleh tim tamu pada menit ke-27, berawal dari kesalahan bek Semen Padang yang tak mengenai bola saat ingin menendang, bola berhasil dikuasai oleh Mandowen. Sayang sepakannya terlalu lemah sehingga mampu dimentahkan kiper tuan rumah.

Tuan rumah mencoba untuk keluar dari tekanan. Mereka pun mampu menciptakan peluang emas pada menit ke-32. Berawal dari sepak pojok yang dilakukan Irsyad, bola jatuh di kaki Marcell Sacramento, namun sepakannya berhasil diblok. Tak hanya sampai disitu, bola liar coba dimanfaatkan para pemain Semen Padang, namun usahanya beberapa kali diblok.

Kebuntuan akhirnya pecah jelang berakhirnya pertandingan babak pertama. Tuan rumah berhasil membuka skor melalui Vendry Mofu di menit ke-45. Tendangan Mofu tak mampu dijangkau kiper Perseru yang memanfaatkan umpan dari Riko. Skor 1-0 untuk keunggulan Semen Padang bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, tuan rumah mencoba bermain hati-hati untuk mempertahankan keunggulan. Peluang emas didapat Semen Padang melalui Irsyad pada menit ke-50. Menguasai bola di depan gawang, ia melakukan tendangan terukur, namun berhasil diblok kiper Perseru.

Hanya berselang beberapa menit, Perseru langsung mengancan gawang Semen Padang melalui serangan balik cepat. Peluang emas didapat melalui Mariando di menit ke-52. Bola tendangannya yang sudah berhadapan dengan kiper berhasil digagalkan.

Asyik menyerang, Perseru kembali kecolongan. Semen Padang berhasil menggandakan keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-56 melalui Agung Prasetyo. Bola firtstime-nya tak mampu dijangkau kiper Perseru.

Tuan rumah kembali memperbesar keunggulan menjadi 3-0 di menit ke-60. Lagi-lagi melalui Agung, ia berhasil memanfaatkan bola sepak pojok dari Irsyad. Tandukannya ke tiang jauh tak bisa dijangkau Sukasto Efendi.

Perseru berhasil memperkecil ketinggalan pada menit ke-63 melalui gol Lucas Mandowen. Tendangannya dari luar kotak penalti tak bisa dijangkau kiper Rendy. Skor sementara menjadi 3-1.

Kedua tim terus melakukan jual beli serangan. Peluang tercipta bagi kedua tim. Tapi tak ada yang bisa memanfaatkan untuk menambah skor masing-masing tim.

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, tak ada lagi gol yang tercipta dari kedua tim. Skor 3-1 bertahan hingga laga usai.

Kemenangan ini membuat Semen Padang berhasil menggeser Perseru dan terhindar dari zona degradasi di klasemen sementara. Tim Kabau Sirah bertengger di posisi 16 dengan 32 poin. Sedangkan Perseru berada di peringkat 17 dengan 31 poin.

Susunan Pemain Kedua Tim