Liga 1 Indonesia Bakal Pakai Wasit Jepang

Senin, 30 Oktober 2017 16:12 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Irfan Fikri
 Copyright:

Perhelatan Gojek Traveloka Liga 1 telah memasuki pekan akhir atau pekan krusial. Pasalnya ada empat tim yang sedang saling sikut untuk memperebutkan gelar Liga 1 tahun ini. Untuk itu, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi akan melakukan gebrakan baru di dua pertandingan terakhir itu. 

Menurut Direktur Operasional PT LIB, Tigor Shalom Boboy, pihaknya akan mendatangkan wasit baru dari negara dengan tradisi kuat di sepakbola Asia. Hal itu dilakukan demi menjaga kualitas pertandingan dan tensi panas persaingan di jalur juara. 

"Wasit asing yang kami minta baru tiga, yakni dari Kirgiztan, Iran, dan Korea karena PSSI meminta wasit yang kualitasnya baik. Dalam satu pekan ke depan akan ada satu paket wasit dari Jepang. Ini akan kami pasang pada pertandingan krusial di akhir musim," jelas Tigor Shalom Boboy dalam acara diskusi dengan awak media, Senin (30/10/17).

© INDOSPORT/Zainal Hasan
COO PT LIB, Tigor Shalom Boboy. Copyright: INDOSPORT/Zainal HasanCOO PT LIB, Tigor Shalom Boboy.

Meski demikian, Tigor belum bisa membocorkan siapa nama perangkat pertandingan tersebut dan laga klub mana saja yang akan dipimpin oleh wasit asal Jepang itu.

Selain itu, pihak PT LIB juga belum bisa memberikan penilaian pada setiap wasit yang bertugas di kompetisi Liga 1. Pasalnya hal itu merupakan pekerjaan dan tanggung jawab dari referee assessor atau pihak yang mengevaluasi kinerja wasit.

"Satu lagi yang penting, mau wasit asing maupun wasit lokal harus dievaluasi oleh referee assessor," tutup Tigor.

Sebagai informasi, empat tim yang saat ini masih berpeluang meraih gelar juara Liga 1 adalah Bali United, Bhayangkara FC, Madura United hingga PSM Makassar. Namun, baik Madura dan Bhayangkara masih diuntungkan karena masih menyisahkan satu laga pekan ke-31 yang tertunda.

482