Dampingi Timnas U-19 di Korea Selatan, Indra Sjafri Sabet Gelar Penghargaan Bergengsi

Selasa, 31 Oktober 2017 09:24 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© Petrus Manus Da'Yerimon/Football265.com
Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19, Indra Sjafri. Copyright: © Petrus Manus Da'Yerimon/Football265.com
Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19, Indra Sjafri.

Menjelang pertandingan perdana Timnas U-19 di ajang Kualfikasi Piala Asia U-19 2018, Indra Sjafri meraih penghargaan bergengsi untuk kategori atlet/olahragawan. Pelatih Skuat Garuda Nusanara itu mendapatkan penghargaan sebagai Tokoh Inspirasi Minang 2017.

Penghargaan yang digagas oleh  Komunitas Anak-Anak Minang (KAMM) itu digelar secara khusus di Hotel Balairung, Jakarta, Minggu (29/10/17). Penghargaan tersebut diberikan bagi sosok pemuda atau pemudi asal Minang yang berprestasi dan memberikan inspirasi di berbagai bidang.

Indra dianggap telah memberikan kontribus berarti di kancah sepakbola nasional sebagai pelatih. Mantan arsitek Bali United tercatat pernah membawa Timnas U-19 menjuarai ajang Piala AFF pada 2013 silam.

Hingga kini, Indra masih menjadi sosok penting di balik perkembangan timnas U-19. Berkat tangan dingin pelatih 54 tahun itu, nama-nama pemain muda yang gemilang macam Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaiman kini mencuri perhatian.

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Indra Sjafri. Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTIndra Sjafri.

Indra Sjafri dianggap mampu memunculkan gaya permainan yang aktraktif untuk timnas Indonesia U-19. Meski belum mempersembahkan gelar juara di tahun ini, namun pelatih yang gemar blusukan ke daerah untuk mencari bakat-bakat pesepakbola muda itu rasanya pantas diberi pengharagaan berkat konsistensinya membangun tim muda.

"Terima kasih masyarakat Minangkabau baik yang di kampung maupun rantau, yang telah memberi apresiasi kepada kami. Mudah-mudahan bisa membangkik batang tarandam (membangkitkan semangat yang tenggelam)," ujar Indra seperti dilansir Goal.com. 

"Ini menjadi motivasi diri, supaya saya bekerja lebih baik lagi demi bangsa dan negara," tambahnya.

Indra Sjafri kini tengah mendampingi Timnas U-19 yang akan melakoni laga perdana Kualifikasi Piala Asia U-19 2018 di Korea Selatan. Egy Maulana Vikri dkk akan menghadapi Brunei di laga perdana hari ini, Selasa (31/10/17) pukul 13.00 WIB.

© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Pemain Timnas U-19 berselebrasi. Copyright: INDOSPORT/Herry IbrahimPemain Timnas U-19 berselebrasi.
669