KUALIFIKASI PIALA ASIA U-19 2018

Timnas U-19 5-0 Brunei U-19: Garuda Nusantara Pesta Gol

Selasa, 31 Oktober 2017 14:52 WIB
Penulis: Juni Adi | Editor: Galih Prasetyo
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Hasil pertandingan Indonesia vs Brunei. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Hasil pertandingan Indonesia vs Brunei.

Timnas Indonesia U-19 melakoni laga perdana Grup F di Kualifikasi Piala Asia U-19 2018 menjamu Brunei Darussalam di Stadion Paju Football Center. Egy Maulana dkk berhasil mengawali babak Kualifikasi Piala Asia U-19 ini dengan manis.

Babak Pertama

Wasit meniup peluit dimulainya babak pertama. Kedua tim bermain dengan tempo santai. Timnas U-19 mencoba sabar untuk membongkar pertahanan Brunei. 

Peluang pertama didapat Timnas U-19 melalui Firza di menit ke-3. Ia mampu merangsek ke dalam kontak penalti Brunei melalui sisi sayap, namun pergerakannya berhasil diredam bek Brunei. Hingga waktu sudah memasuki menit ke-10, anak asuh Indra Sjafri mampu mengurung masih bermain sabar dari kaki ke kaki.

Kebuntuan akhirnya pecah di menit ke-13. Berawal dari dari umpan silang yang dilepaskan Firza ke dalam kotak penalti, Rafli sukses menang duel di udara dengan kiper lawan. Sundulannya masuk ke dalam gawang Brunei.

Setelah gol pertama, para pemain Timnas U-19 beberapa kali mendapat peluang untuk menambah keunggulan. Namun, penyelesaian yang kurang baik membuat upaya mereka hanya menemui kegagalan.

Peluang emas kembali didapat Timnas U-19 di menit ke-21. Berawal umpan jauh ke jantung pertahanan Brunei, Asnawi mampu mengontrol bola dengan baik, ia langsung melakukan tusukan dan berhadapan one on one dengan kiper. Namun, kurang tenang sehingga peluangnya bisa diblok kiper lawan.

Tak mau ditekan terus, Brunei mencoba keluar dari tekanan. Hasilnya mereka mempunyai peluang pertama, melalui tendangan spekulasi dari luar kotak penalti dilakukan Herman di menit ke-26. Namun, tendangannya masih jauh dari gawang Aqil.

Wasit memberikan kartu kuning perdana pada laga ini untuk Muhammad Iqbal yang dianggap diving setelah menjatuhkan diri di dalam kotak penalti Brunei di menit ke-34.

Permainan defensif yang dilakukan Brunei membuat anak asuh Indra Sjafri kerap kesulitan menusuk ke dalam kotak penalti. Egy dkk pun mencoba melakukan tendangan-tendangan dari luar kotak penalti, namun upaya tersebut masih belum berbuah hasil hingga menit ke-40.

Timnas berhasil menggandakan keunggulan melalui gol bunuh diri yang dilakukan pemain Brunei di menit ke-44, skor berubah menjadi 2-0 dan bertahan hingga wasit meniup peluit tanda babak pertama usai.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Timnas U-19 melakukan pergantian pemain, Abimanyu masuk, Asnawi keluar dan Saddil masuk, Witan keluar.

Anak asuh Coach Indra langsung melakukan serangan saat babak kedua dimulai. Peluang langsung didapat melalui kaki Abimanyu, sayang tendangan spekulasinya dari luar kotak penalti masih lemah, sehingga mampu dijinakan kiper Brunei.

Timnas U-19 berhasil memperbesar keunggulan melalui Iqbal di menit ke-51. Kerja samanya dengan Rafli di dalam kotak penalti Brunei, dituntaskan dengan bola chip oleh Iqbal yang mampu memperdayai kiper Brune. Skor berubah menjadi 3-0.

Upaya para pemain Timnas U-19 untuk menambah gol akhirnya tercipta. Jala gawang Brunei kembali bergetar oleh Egy Maulana di menit ke-56. Aksi penetrasinya di lini pertahanan Brunei sukses memperdayai para pemain belakang Brunei. Timnas U-19 unggul dengan skor 4-0.

Pesta gol! Timnas U-19 kembali menambah gol melalui Saddil Ramdhani di menit ke-61. Bebas dari kawalan bek Brunei, Saddil melepaskan tendangan terukur dari luar kotak penalti, bola melaju deras masuk ke dalam gawang Brunei.  Skor berubah menjadi 5-0.

Unggul 5 gol membuat para pemain Timnas U-19 bermain enjoy. Beberapa kali permainan satu duanya berhasil merangsek ke dalam kotak penalti Brunei. Sayang, tendangan-tendangan yang dilakukan Egy cs masih belum berbuah hasil. 

Unggul 5 gol membuat para pemain Timnas U-19 bermain enjoy. Beberapa kali permainan satu duanya berhasil merangsek ke dalam kotak penalti Brunei. Sayang, tendangan-tendangan yang dilakukan Egy cs masih belum berbuah hasil. 

Hingga waktu memasuki menit ke-77, Indonesia masih memegang kendali pertandingan sambil sesekali melakukan serangan, dan sabar untuk membongkar pertahanan Brunei.

Peluang emas kembali di dapat oleh barisan depan Indonesia di menit ke-81 melalui tandukan Rian, berhasil memanfaatkan umpan lambung dari Egy. Sayang, sundulannya berhasil di blok kiper lawan.

Dua upaya tendangan jarak jauh para pemain Timnas U-19 dalam semenit terakhir belum menghasilkan gol tambahan. Hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya babak kedua, skor 5-0 tak berubah untuk keunggulan Skuat Garuda Nusantara. 

Dengan kemenangan ini, Timnas U-19 berhasil memuncaki klasemen Grup F dengan raihan poin 3. Dibuntuti dengan Malaysia dengan koleksi poin sama yakni 3. Sementara untuk Brunie, hasil ini membuat mereka terpuruk di dasar klasemen.

Susunan Pemain Kedua Tim:

Timnas U-19

Muhammad Aqil Savik; Rifad Marasabessy Nurhidayat Haji Haris, Rachmat Irianto, Firza Handika (Samuel Simanjuntak 71'), Muhammad Iqbal, Asnawi Mangkualam (Abimanyu 46'), Muhammad Luthfi, Witan Sulaeman (Saddil Ramdhani 46'), Egy Maulana Vikri, Rafli Mursalim

Brunei U-19

Mutalip Awg; Rahimin Abdul Ghani, Abdul Wadud Ramli, Nur Aiman, Nur Asyraffahmi, Hadif Aiman (Firdaus Fadzullah 31'), Adi Shukry, Danish Aslan, Nazhan Zulkifle, Hariz Herman, Salleh Emzah.

5.6K