Ini yang Harus Dilakukan PSSI Agar Timnas U-19 Bisa Tampil di Piala Dunia U-20

Minggu, 5 November 2017 20:37 WIB
Editor: Agus Dwi Witono
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi para pemain Timnas U-19 usai gol kedua yang dicetak Egy Maulan Vikri. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi para pemain Timnas U-19 usai gol kedua yang dicetak Egy Maulan Vikri.

Harapan tinggi tengah digantungkan di pundak skuat Timnas U-19. Egy Maulana Vikri dkk diharapkan bisa meraih prestasi tinggi di level Asia. Sebelumnya, Timnas U-19 telah gagal meraih juara di Piala AFF U-18 beberapa bulan lalu.

Sebagai tuan rumah Piala Asia U-19, Indonesia punya kesempatan untuk menggemakan nama mereka di kancah Asia. Bahkan berpeluang lolos ke Piala Dunia U-20 2019. Syaratnya, Timnas U-19 minimal harus bisa menembus semifinal. Karena hanya 4 tim terbaik di Piala Asia U-19 lah yang berhak mewakili Asia ke Piala  Dunia U-20.

Namun, kekalahan dari Korea Selatan di pertandingan ketiga kualifikasi Piala Asia U-19 memunculkan kekhawatiran. Pasalnya, melawan tim-tim yang dikenal sebagai macan Asia, Indonesia masih saja kesulitan. Sementara saat melakoni turnamen yang sebenarnya tahun depan, pasti akan ada banyak tim-tim kuat Asia yang dihadapi.

Mau tidak mau, PSSI sebagai induk sepakbola di tanah air harus menyiapkan rencana yang lebih matang demi terwujudnya mimpi melihat Timnas U-19 tampil di Piala Dunia U-20. Ada beberapa cara yang bisa dijalani untuk mendapatkan Timnas U-19 yang tangguh dan membawa nama Indonesia ke Piala Dunia U-20. Berikut beberapa di antaranya.

2.6K