Liga 1

Borneo FC 2-1 Persib Bandung : Dua Kali Kalah dari Tim Orange

Rabu, 8 November 2017 17:02 WIB
Penulis: Abdurrahman Ranala | Editor: Galih Prasetyo
© PERSIB
Blily Keraf, jadi Salah Satu Pencetak Gol di Laga Borneo vs Persib Copyright: © PERSIB
Blily Keraf, jadi Salah Satu Pencetak Gol di Laga Borneo vs Persib

Babak I

Babak pertama dimulai dengan serangan dari Persib Bandung. Febri Haryadi pada menit kedua pertandingan mampu mengancam gawang Borneo FC namun mampu ditepis oleh M.Ridho dan menghasilkan sepak pojok. Sepak pojok yang diambil Shohei Matsunaga gagal membuahkan hasil. Dimenit ke-8 Febri kembali mengancam dengan tendangan dari luar kotak penalti, namun tendangannya masih melebar.

Peluang pertama Borneo FC lahir dari Patrick Wanggai menit ke-10. Namun tendangan Wanggai memanfaatkan umpan Terens Puhiri masih melebar. 

Ezechiel N'Douasell yang golnya kegawang Persija dianulir, mengancam dimenit ke-14. Namun N'Douasell yang siap menerima umnpan lambung sudah berada dalam posisi offside. Kartu kuning pertama pada pertandingan ini didapat Diego Michiels setelah melanggar Matsunaga dimenit ke-21. 

Peluang bagi Borneo FC kembali hadir, kali ini melalui Terens Puhiri. Terens Puhiri yang mampu melewati penjagaan pemain belakang Persib melepaskan tendangan dimenit ke-24, namun tendangannya masih melebar disisi kiri gawang Made Wirawan. 

Selanjutnya giliran Lerby Eliandry yang menciptakan peluang dimenit ke-32. Umpancrossing Terens Puhiri mampu disundul Lerby, namun sundulannya masih melambung di atas gawang. Setelah itu lagi-lagi Patrick Wanngai mengancam gawang Persib. Namun tendanganfirst time-nya masih melambung tinggi di atas gawang. 

Menit ke-39 Ezechiel N'Douasell sempat mengalami masalah dan mendapatkan perawatan dari tim medis. Akhirnya dimenit ke-44 N'Douasell ditarik keluar lapangan dan digantikan oleh Gian Zola.

Gol yang dinanti akhirnya tercipta injury time. Lerby yang mengirim umpan terukur ke kotak penalti disambut oleh Patrick Wanggai. Dengan tendangan keras kaki kiri, Patrick Wanggai menceploskan bola yang gagal dihalau Made Wirawan. Ini merupakan gol pertama Wanggai bagi Pusamania Borneo FC.  Borneo FC menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0 atas Persib Bandung.

Babak II

Gol kedua Borneo FC hadi dimenit ke-53. Sultan sama menjadi arsitek dari gol kedua ini, setelah mengirim umpan akurat ke Lerby. Lerby yang lolos dari jebakan offside menendang bola dengan kaki kirinya dari sudut sempit. Tendangannya kerasnya meluncur deras ke gawang Persib. 

M.Ridho tampil gemilang dipertandingan ini dengan berkali melakukan penyelamatan. Termasuk tendangan keras Shohei Matsunaga yang ia tepis beberapa saat setelah gol kedua Borneo.

Unggul dua gol, pelatih Iwan Setiawan mengubah strateginya. Pencetak gol pertama Borneo FC Patrick Wanggai ditarik keluar dimenit ke-61. Wanggai digantikan Riswan Yusman yang berposisi sebagai gelandang. 

Borneo kembali mengancam gawang Persib dimenit ke-63, kali ini giliran Diego Michiels yang mengancam. Namun tendangan kaki kirinya masih membentur pemain Persib dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Selanjutnya menit ke-65 pergerakan cepat Terens Puhiri mampu mengecoh Made Wirawan. Puhiri berhasil mengirimkan umpan dari bola yang hampir keluar lapangan. Namun umpan yang disambut Riswan Yusman masih melebar dikanan gawang Persib. 

Masih gagal mencetak gol, Persib kembali melakukan pergantian pemain. Billy Keraf dimasukkan dimenit ke-69 menggantikan Shohei Matsunaga. Pergantian ini membuahkan hasil, Billy Keraf yang mengecoh pemain belakang Persib melepaskan tembakan keras kepojok giri gawang M.Ridho. 

Giliran Essien mendapat peluang dimenit ke-77 lewat tendangan bebas, namun eksekusinya masih melambung tinggi. Setelah itu kembali Borneo FC membuat peluang lewat Lerby Eliandry yang tendangannya juga masih melambung. Dan peluang Persib berikutnya dari Raphael Maitimo juga masih gagal membuahkan gol.

Selanjutnya tendangan Sultan Sama dari luar kotak penalti hanya membentur mistar gawang. Pergantian kedua dari Borneo FC dilakukan dimenit ke-89, Ponaryo Astaman masuk menggantikan Sultan Sama. 

Dua menit tambahan waktu diberikan wasit, namun sampai peluit akhir tak ada gol tambahan yang tercipta. Pusamania Borneo FC berhasil mengalahkan Persib Bandung dengan skor 2-1. 

Susunan Pemain Kedua Tim :

Pusamania Borneo FC : M.Ridho, Diego, Yamashita (C), Matheus, Rahman, Asri, Flavio, Sultan (Ponaryo 89'), Lerby, Terens, Wanggai (Riswan Yusman 61').

Persib Bandung : I Made, Supardi, Jufriyanto (C), Purwaka, Tony, Wildansyah, Essien, Maitimo, Febri, Matsunaga (Billy Keraf 69') , Ezechiel (Gian Zola 44')

140