Liga 1

Keputusan WO Mitra Kukar, PSSI: Itu Sudah Tepat

Kamis, 9 November 2017 14:23 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Mohamed Sissoko tengah mengontrol bola. FOTO INDOSPORT/Herry Ibrahim. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Mohamed Sissoko tengah mengontrol bola. FOTO INDOSPORT/Herry Ibrahim.

PSSI akhirnya angkat bicara terkait kekisruhan akan keputusan Komisi Disiplin (Komdis) yang menghukum Mitra Kukar. Baginya keputusan itu sudah tepat dan harus dihormati setiap klub.

PSSI menilai keputusan Komite Disiplin PSSI menjatuhkan sanksi kekalahan walk out untuk Mitra Kukar saat menghadapi Bhayangkara FC pada tanggal 3 November 2017 lalu, dinilai sudah tepat. 

Mitra Kukar terbukti melanggar dengan memainkan pemain asingnya, Mohamed Sissoko, yang sedang menjalani masa hukuman larangan dua kali tampil setelah terkena kartu merah.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Aksi sundulan marquee player Mitra Kukar, Mohammed Sissoko (tengah) dijaga ketat pemain PS TNI, Franklin Touadere Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTAksi sundulan marquee player Mitra Kukar, Mohammed Sissoko (tengah) dijaga ketat pemain PS TNI, Franklin Touadere.

Dalam keputusan Komdis PSSI pada 28 Oktober 2017, Sissoko dilarang tampil dalam dua laga, yakni saat melawan Bhayangkara FC pada tanggal 3 November 2017 dan Persiba Balikpapan pada 11 November 2017.

Terkait status Sissoko ini, salinan keputusan telah disampaikan secara resmi kepada Mitra Kukar pada tanggal 31 Oktober 2017. Dengan demikian, status Sissoko jelas tidak boleh dimainkan pada laga melawan Bhayangkara yang saat itu berkesudahan 1-1.

“PSSI harus melindungi aspek integrity, profesionalisme klub, dan quality of the game. Surat keputusan sudah dikirim, otomatis hukumannya berlaku dan harus dihormati," kata Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria.

Sesuai dengan Pasal 57, Regulasi Liga 1 tentang kartu kuning dan merah ayat 13 dan 14 menyebutkan, ketentuan tentang kartu kuning dan kartu merah mengikuti aturan yang ditetapkan dalam kode displin.

Sebagai klub profesional, klub harus mengedepankan integritas dan profesionalisme. Manajemen klub bertanggung jawab untuk melakukan pengawasan terhadap kartu kuning dan/atau kartu merah serta status hukuman yang diterima oleh pemain dan ofisial masing-masing dan memastikan semua pemain dan ofisial tersebut terdaftar dan berhak untuk terlibat dalam pertandingan.

© istimewa
Surat putusan Komdis soal pemain ilegal Mitra Kukar Copyright: istimewaSurat putusan Komdis soal pemain ilegal Mitra Kukar.

Dalam surat nomor 112/L1/SK/KD-PSSI/X/2017 yang ditandatangani Ketua Komite Disiplin PSSI, Asep Edwin Firdaus, disebutkan selain kalah WO atau 0-3, mereka juga harus membayar denda Rp100 juta.

Memang hukuman ini sempat menimbulkan beberapa polemik. Terlebih akibat keluarnya putusan ini menambah angin segar bagi Bhayangkara dalam meraih gelar juara Liga 1.

Tim berjuluk The Guardian ini mendapat tambahan poin dari keluarnya hukuman ini. Dengan begitu, Bhayangkara pun hampir dipastikan menjadi kampiun Liga 1 karena raihan poin mereka sudah tidak mungkin terkejar oleh Bali United sebagai pesaing terdekatnya.

29