Liga 1

Tim yang Mampu Akhiri Kompetisi Liga 1 2017 di Atas Target

Senin, 13 November 2017 20:08 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Abdurrahman Ranala
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Liga 1
Logo Liga 1. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Liga 1
Logo Liga 1.

Kompetisi Gojek Traveloka Liga 1 Indonesia 2017 telah rampung digelar dengan Bhayangkara FC menjadi sang juara di musim ini. Selama diselenggarakannya 34 pekan pertandingan sejak April lalu, banyak suka dan duka yang terukir di catatan Liga 1 2017 ini.

Mulai dari keputusan kontroversial yang dibuat oleh wasit, kericuhan yang terjadi baik antara para pemain dan ofisial tim ataupun para pendukung setiap klub, semuanya hadir dan disaksikan oleh masyarakat secara luas.

Terutama untuk pihak klub masing-masing, ada juga catatan positif dan juga negatif yang dirasakan selama mengadu nasib di Liga 1 2017 ini. Ada pun hasil akhir yang nyatanya memberikan kebahagiaan tersendiri bagi pihak klub. Dalam hal ini, beberapa klub di Liga 1 berhasil mengakhiri kompetisi musim 2017 ini dengan melebihi target yang dibuat oleh pihak manajemen klub.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuat Bhayangkara FC merayakan keberhasilan menjadi juara Liga 1 2017. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTSkuat Bhayangkara FC merayakan keberhasilan menjadi juara Liga 1 2017.

Misalnya seperti Bali United, yang mana pihak klub memberikan target untuk bisa mengakhiri kompetisi musim 2017 ini di papan atas klasemen akhir. Jika menilik tabel klasemen akhir, tim berjuluk Serdadu Tridatu itu berhasil mengamankan posisi runner-up.

Bahkan, mereka bisa saja mengangkat trofi juara di musim ini jika tidak kalah dalam hal head to head dengan Bhayangkara FC, terlepas dari keputusan kontroversial Komisi Disiplin (Komdis) PSSI yang memberikan poin tambahan sebagai sikap persetujuan atas protes yang diajukan.

Namun, tim asuhan Widodo C. Putro ini tidak masuk dalam pilihan INDOSPORT melihat dari skuat timnya. Sebagaimana diketahui, Bali United diperkuat oleh banyak pemain bintang, seperti Irfan Bachdim ataupun Stefano Lilipaly.

Mereka pun merekrut pemain asing yang juga andal, yakni Sylvano Comvalius ataupun marquee player Nick van der Velden. Oleh sebab itu, melihat keperkasaan yang dimiliki oleh Bali United membuat mereka dianggap bisa mencapai atau bahkan melebihi target yang diberikan oleh tim.

© Instagram/@elfvoetbalmagazine
Irfan Bachdim, Stefano Lilipaly, Sylvano Comvalius, dan Nick Van Der Velden. Copyright: Instagram/@elfvoetbalmagazineIrfan Bachdim, Stefano Lilipaly, Sylvano Comvalius, dan Nick van der Velden.

Sementara ada beberapa tim lainnya yang memang harus bersusah payah melakoni kompetisi Liga 1 2017 dan melebihi target yang telah diberikan.

Berikut ini INDOSPORT merangkum tiga tim mana saja yang bisa mengakhiri musim ini dengan melebihi target.

139