Berpotensi Akan Ada Grup Neraka, Inilah Pembagian Pot Piala Dunia 2018

Kamis, 16 November 2017 17:00 WIB
Penulis: Juni Adi | Editor: Abdurrahman Ranala
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Piala Dunia Rusia 2018. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Piala Dunia Rusia 2018.

Babak Kualifikasi Piala Dunia 2018 telah rampung digelar. Peru menjadi negara terakhir yang memastikan diri lolos ke putara final yang akan berlangsung di Rusia tahun depan. FIFA pun langsung merilis pembagian negara-negara unggulan dan non unggulan, yang terdiri dari 32 negara dan dibagi menjadi empat pot.

Empat pot tersebut masing-masing berisi delapan tim. Rusia tergabung dalam Pot satu dan tujuh tim lainnya yang memiliki peringkat tertinggi FIFA edisi Oktober 2017.

Jika dicermati, pembagian pot ini tentu berpotensi melahirkan grup neraka dan partai panas, seperti ulangan final EURO 2008 antara Jerman dan Spanyol, atau partai Argentina kontra Inggris yang akan terjadi di babak penyisihan grup.

© FIFA
Bola resmi Piala Dunia 2018. Copyright: FIFABola resmi Piala Dunia 2018.

Dengan penentuan berdasarkan peringkat tertinggi FIFA ini, maka dipastikan tidak akan ada tim dari konfederasi yang sama dalam satu grup, kecuali UEFA. Maksimal dua negara Eropa dapat berada dalam grup manapun.

Proses pengundian babak penyisihan grup Piala Dunia 2018 sendiri akan dihelat di salah satu bangunan bersejarah milik Rusia, kompleks Istana Kremlin, pada 1 Desember mendatang.

Berikut pot di Piala Dunia 2018:

326