Resmi, Gian Piero Ventura Dipecat dari Kursi Pelatih Italia

Kamis, 16 November 2017 12:25 WIB
Penulis: Juni Adi | Editor: Galih Prasetyo
© getty images
Pelatih Timnas Italia, Gian Ventura Copyright: © getty images
Pelatih Timnas Italia, Gian Ventura

Federasi sepakbola Italia (FIGC) telah resmi memecat Gian Piero Ventura sebagai pelatih Tim Nasional Italia pada Rabu (15/11/17).

Dipecatnya Ventura, lantra ia gagal membawa Gli Azzuri lolos ke Piala Dunia 2018, setelah disingkirkan oleh Swedia di babak play-off.

Gagalnya Italia berpartisipasi di ajang sepakbola terakbar itu, merupakan pertama kalinya sejak 1958 atau dalam 60 tahun terakhir.

Selain itu, Gli Azzuri menjadi satu-satunya juara dunia yang absen di Rusia tahun depan. Juara dunia empat kali itu gagal mengikuti jejak Brasil, Jerman, Uruguay, Argentina, Inggris, Perancis, dan Spanyol.

"Ketua FIGC, Carlo Tavecchio dan dihadiri staf lainnya telah melakukan pertemuan untuk membahas kegagalan Italia lolo ke Piala Dunia 2018," tulis pernyataan resmi FIGC.

"Keputusan pertama, Tavecchio membicarakan pembinaan timnas Italia. Pada hari ini, Gian Piero Ventura bukan lagi pelatih timnas Italia," lanjut pernyataan tersebut. 

© -
Ekspresi kesedihan pemain Italia setelah digagalkan Swedia untuk melaju ke Rusia. Copyright: -Ekspresi kesedihan pemain Italia setelah digagalkan Swedia untuk melaju ke Rusia.

Selama menangani Italia, Ventura mencatatan 10 kemenangan, 4 kali imbang, dan 3 kali kalah. Hingga kini, FIGC belum memutuskan siapa pengganti Ventura. Namuns, beberapa nama mulai santer dikabarkan bakal menggantikan pelatih berusia 69 tahun tersebut.

Mereka di antaranya Carlo Ancelotti (mantan pelatih AC Milan), Antonio Conte (manajer Chelsea), Massimiliano Allegri (Juventus), Maurizio Sarri (Napoli), Fabio Grosso (Bari 1908), dan Roberto Mancini (Zenit St Petersburg).

145