PSM Makassar Masih Optimistis Bisa Tampil di Kancah Asia

Selasa, 28 November 2017 14:16 WIB
Kontributor: Basri | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

PSM Makassar masuk dalam daftar lima klub yang didaftarkan oleh PSSI ke AFC untuk mengikuti kompetisi level Asia setelah mampu finis di peringkat tiga Gojek Traveloka Liga 1 2017.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono. Menurutnya, pihaknya telah memastikan sudah mendaftarkan lima klub Liga 1 ke AFC. Lima klub yang telah disodorkan kepada AFC tersebut adalah Bhayangkara FC, Bali United, PSM Makassar, Persija Jakarta, dan Madura United.

© Muhammad Nur Basri/INDOSPORT
CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin dalam jumpa pers penambahan kontrok Robert Rene Alberts. Copyright: Muhammad Nur Basri/INDOSPORTCEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin dalam jumpa pers penambahan kontrak Robert Rene Alberts.

Nantinya, AFC akan memilih tiga klub sesuai jatah Indonesia berlaga di kompetisi level Asia. Kelima klub tersebut akan diverifikasi khususnya soal lisensi klub.

“PSSI menyampaikan sudah mengirim lima klub sesuai dengan ranking di Liga 1 kemarin. Namun itu tergantung AFC lantaran mereka akan melakukan verifikasi terutama soal lisensi klub,” kata Joko Driyono. Senin, (26/11/17) kemarin.

Kendati belum mengantongi lisensi klub AFC, pihak PSM Makassar masih tetap berharap tampil di kompetisi level Asia.  Jika nantinya terpilih, manajemen tim Juku Eja menegaskan siap mengikuti apapun risikonya. 

"Tapi kita masih menunggu. Hari ini belum diverifikasi. Sabtu kemarin saya meeting di Jakarta dan disampaikan lima tim dikirim untuk mendapatkan tiket. Belum diumumkan karena masih ada kualifikasi AFC,” kata CEO PSM, Munafri Arifuddin, Minggu (26/11/17) kemarin.

"Kalaupun nanti dipilih, kita harus siap apapun risikonya,” tegasnya. 

© ANTARA
PSM Makassar Copyright: ANTARAPSM Makassar.

PSM diketahui belum mengantongi Lisensi AFC karena tidak memenuhi aspek sporting yanvg menyangkut pembinaan usia muda. Namun, Munafri mengklaim AFC akan mempertimbangkan PSM untuk diloloskan karena sporting tidak berpengaruh terhadap pertandingan di Piala AFC nanti.

“Bukan melulu soal verifikasi. Soal stadion, kita sudah daftarkan stadion lain (Stadion Pakansari, Bogor). Kalau pembinaan usia muda ini tidak begitu mempengaruhi soal pertandingan di AFC nantinya,” Pungkasnya.

516